Diah Pitaloka Dukung Rencana Jokowi Beri Amnesti untuk Baiq Nuril

Rabu, 10 Juli 2019 08:31 Reporter : Fikri Faqih
Diah Pitaloka Dukung Rencana Jokowi Beri Amnesti untuk Baiq Nuril Politisi PDIP Diah Pitaloka. ©2019 Merdeka.com

Merdeka.com - Anggota Fraksi PDI Perjuangan Komisi VIII DPR Diah Pitaloka menyambut baik rencana Presiden Jokowi untuk memberikan amnesti terhadap korban pelecehan seksual Baiq Nuril. Presiden menurutnya sangat paham dengan kondisi Baiq Nuril.

"Amnesti ini merupakan bentuk perhatian Jokowi kepada perempuan," tegasnya, Rabu (10/7).

Dia juga menyayangkan hasil putusan PK Mahkamah Agung terhadap Baiq Nuril. Karena, Diah khawatir, putusan tersebut nantinya akan membuat korban pelecehan seksual semakin bungkam.

Diah mengatakan, Baiq Nuril selama ini tertekan dengan perilaku Haji Muslim yang tidak wajar karena senang menceritakan pengalaman seksualnya bersama wanita lain yang bukan istrinya kepadanya. Hingga akhirnya, dia menilai, Baiq perlu mencari perlindungan atas apa yang dihadapinya.

"Karena saat ini belum ada hukum yang melindungi ketidaknyamanan seseorang atas perilaku orang lain. Jadi Baiq Nuril itu merekam untuk menceritakan kisahnya kepada kerabat, teman atau saudara untuk mendapatkan masukan penyelesaian dan perlindungan," katanya.

Menurutnya, menjerat hukum Baiq Nuril dengan UU ITE dapat berbahaya bagi korban pelecehan seksual lainnya. Sebab, anggota Komisi VIII DPR itu menilai, pelaku pelecehan seksual bisa saja membungkam korbannya dengan contoh kasus guru honorer di Mataram itu.

"Karena bisa saja korban bercerita dulu kepada rekannya melalui aplikasi Whats App untuk minta perlindungan. Terus pelaku tahu adanya chat tersebut dan mengancam akan memidanakan korban dengan UU ITE pasal 27 Ayat satu tersebut. korban pelecehan seksual harus dilindungi, bukan malah dihantui hukum pidana," tutupnya. [fik]

Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini