Di Sidang IPU, Puan Minta Seluruh Pihak Dukung Kesetaraan Vaksin Atasi Pandemi Covid

Minggu, 28 November 2021 13:33 Reporter : Intan Umbari Prihatin
Di Sidang IPU, Puan Minta Seluruh Pihak Dukung Kesetaraan Vaksin Atasi Pandemi Covid Ketua DPR Puan Maharani. ©Liputan6.com/Angga Yuniar

Merdeka.com - Ketua DPR Puan Maharani memimpin sesi debat umum dalam Inter Parliamentary Union (IPU) General Assembly ke-143 di Madrid, Spanyol. Sejumlah isu dibahas oleh Puan, salah satunya pemerataan vaksin Covid-19.

"Hampir dua tahun pandemi Covid-19, kita terus menghadapi krisis kesehatan dan sosial ekonomi global yang belum pernah terjadi sebelumnya. Puluhan juta orang berisiko jatuh ke dalam kemiskinan ekstrem," kata Puan melalui keterangan tertulis di Jakarta, Minggu (28/11).

Pandemi juga kata Puan berakibat munculnya peningkatan jumlah masyarakat kekurangan gizi. Dia pun memprediksi akan meroket lebih dari 800 juta orang tahun depan. Sebab itu dia berharap seluruh pihak bisa bekerja sama terutama dalam pemerataan vaksin Covid-19.

"Oleh karena itu, kita harus bekerja sama untuk mencapai kesetaraan vaksin untuk semua orang dan di mana saja," ujarnya.

Puan juga mengingatkan saat ini dunia tengah dihadapkan potensi krisis pemanasan global. Menurutnya, semua negara perlu meningkatkan komitmen dalam mitigasi dan adaptasi untuk menghindari bencana iklim.

"Pada saat yang sama, negara-negara maju harus memenuhi janji mereka untuk memberikan pembiayaan perubahan iklim," tuturnya.

Untuk diketahui Puan memimpin sesi kedua general debate yang bertajuk ‘Contemporary challenges to democracy: Overcoming division and building community’ yang digelar di IFEMA Palacio Municipal, Madrid, Sabtu (27/11). Sebelum Puan, general debate dipimpin oleh tuan rumah, President Congress of Deputies (Parlemen) Spanyol Mrs. Meritxell Batet. Sebanyak 122 dengan 45 pimpinan parlemen hadir dalam forum organisasi parlemen dunia tersebut. [bal]

Baca juga:
Kunjungi Markas UNWTO di Madrid, Puan Minta Dukungan Promosi Pariwisata Indonesia
Ketua DPR Ajak Semua Pihak Selesaikan RUU TPKS
Ketua DPR Dorong Kuota Pengangkatan Guru Honorer Jadi ASN Diperbanyak
Ketua DPR Minta Pemerintah Berantas Mafia Tanah
Ketua DPR: Hindari Dulu Berpesta dan Berkerumun saat Libur Tahun Baru
Puan
Puan
Puan

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini