Di halaman Istana kini banyak bale tempat bersantai Jokowi

Rabu, 11 Maret 2015 14:40 Reporter : Putri Artika R
Di halaman Istana kini banyak bale tempat bersantai Jokowi Bale di Istana. ©2015 merdeka.com/putri artika

Merdeka.com - Setiap pemerintahan berganti, tempat tinggal presiden pun di Istana ikut berubah. Seperti perubahan yang terlihat di lingkungan istana dari pergantian Presiden Susilo Bambang Yudhoyono ke Presiden Joko Widodo.

Perubahan itu terlihat di taman belakang Istana Negara atau depan Kantor Presiden yang kini banyak dibangun bale-bale tempat bersantai bagi Jokowi, menteri atau tamu negara. Pantauan merdeka.com ada dua bale yang didirikan di taman tersebut, yakni bale pertama berbentuk kotak beratapkan tenda dengan meja dan kursi terpisah 4 buah.

Bale pertama ini dibuat dari kayu yang semakin mempermanis lingkungan istana. Di sisi satunya kursi panjang menyatu tanpa sandaran.

Untuk bale kedua, letaknya dekat belakang Istana Merdeka. Yakni berbentuk kursi yang menyatu dan tidak ada mejanya. Di sana juga diberi bantal agar yang duduk lebih empuk. Bale kedua ini juga berbentuk kotak dengan beratapkan tenda.

Selain itu, ada kursi panjang yang memuat 3 orang di belakang persis Istana Merdeka. Kursi ini sempat digunakan untuk Presiden Jokowi mengumumkan penurunan harga BBM.

Sekretaris Kabinet Andi Widjajanto pernah mengatakan Presiden Jokowi suka dengan alam terbuka. Presiden Jokowi bahkan ingin berkantor di Istana Bogor karena udaranya lebih sejuk.

"Jadi Pak Presiden dengan karakter beliau yang lebih suka lingkungan terbuka, jadi Bogor cocok untuk itu. Dan kami menyiapkan saja jika Presiden ingin beraktivitas lebih sering di Bogor," kata Andi di Istana Kepresidenan, (18/2).

Jika menengok pada pemerintahan SBY dulu, lingkungan istana sering dipajang foto-foto hasil jepretan Ibu Negara Ani Yudhoyono. Di sepanjang lorong menuju kantor Presiden banyak foto-foto kegiatan presiden SBY. Tak lupa ada satu foto besar SBY memegang gitar dengan Bu Ani beserta lirik lagu yang terpajang di belokan lorong tersebut.

Selain di lorong itu, terdapat deretan foto di lorong menuju wisma negara. Kini saat pemerintahan berganti, foto-foto tersebut sudah tidak ada. [bal]

Topik berita Terkait:
  1. Presiden Jokowi
  2. Jakarta
  3. Istana Negara
Komentar Pembaca

Merdeka.com sangat menghargai pendapat Anda. Bijaksana dan etislah dalam menyampaikan opini. Pendapat sepenuhnya tanggung jawab Anda sesuai UU ITE.

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini