Di depan relawan Lumajang, Puti tawarkan Pendidikan Gratis

Selasa, 13 Maret 2018 23:47 Reporter : Bruriy Susanto
Puti bertemu relawan Lumajang. ©2018 Merdeka.com

Merdeka.com - Calon Wakil Gubernur Jawa Timur, Puti Guntur Soekarno, bertemu dengan relawan pemenangan pasangan calon Bupati dan wakil Bupati Lumajang nomor urut 2, As'at Malik - Thoriq. Relawan pemenangan berasal dari kader partai koalisi pendukung yakni PDIP, PAN, dan Hanura yang menamakan diri relawan pak guru (RPG).

Di depan para relawan tersebut Puti menawarkan program unggulan yakni Rembulan Bersinar, Seribu Dewi dan Dik Dilan untuk masyarakat Kabupaten Lumajang. Program rembulan bersinar ditawarkan karena di kabupaten ini banyak banyak kebudayaan yang harus dikembangkan.

"Selain itu kalau melihat data, bahwa di kabupaten ini banyak anak yang hanya melanjutkan sekolah tingkat menengah pertama, Mereka tidak melanjutkan ke SMA/SMK dengan alasan biaya. Karena itu cocok untuk program adalah pendidikan gratis berkelanjutan di tingkat SMA/ SMK atau Dik DIlan," kata Puti, Selasa (13/3).

Selanjutnya, kata Puti, program Seribu Dewi ini perlu dikembangkan di Lumajang, karena di daerah ini banyak destinasi wisata yang masih alami dan belum dikembangkan oleh pemerintah. "Maka perlu sentuhan dari pemerintah propinsi seperti adanya pelatihan, akses modal usaha, pemberian pelatihan," katanya.

Terutama memberikan fasilitas terhadap kelompok sadar wisata (Pokdarwis). Hal ini dilakukan, untuk mencipatkan desa wisata yang berbasis budaya. "Saya melihat Lumajang ini luas, mempunyai destinasi wisata yang perlu dikembangkan lebih luas," kata Puti.

Puti juga menjelaskan kepada ratusan relawan pak guru (RPG) bahwa guna mengenalkan kultur, kesenian tradisional di Jawa Timur perlu orang-orang yang terlatih dan paham terhadap digital. "Saya bersama Gus Ipul mempunyai komitmen, untuk mengembangkan kesenian di tiap daerah yang masuk di dalam program rembulan bersinar," kata mantan anggota DPR RI Komisi X.

Mendapat penjelasan dari Puti, Gus As'at - Thoriq menyambut semangat dan gembira. Kebetulan pasangan calon bupati dan wakil bupati Lumajang ini mempunyai nomor urut yang sama dengan paslon Gus Ipul - Puti.

"Jangan lupa coblos nomor dua, Gus As'at - Thoriq untuk Lumajang dan nomor dua lagi untuk Gus Ipul - Puti untuk Jawa Timur. Kabeh sedulur, kabeh makmur," teriak Gus As'at yang diikuti ratusan relawan RPG. [hhw]

Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini