Di Depan Pejabat Pemerintahan, JK Sebut Pemimpin Tidak Harus Kerja di Kantor

Selasa, 5 Maret 2019 13:39 Reporter : Intan Umbari Prihatin
Di Depan Pejabat Pemerintahan, JK Sebut Pemimpin Tidak Harus Kerja di Kantor Wawancara Jusuf Kalla oleh KLY. ©Liputan6.com/Angga Yuniar

Merdeka.com - Wakil Presiden Jusuf Kalla membuka acara temu alumni Ikatan Pendidikan dan Latihan Kepemimpinan Nasional (IKA PIMNAS) Lembaga Administrasi Negara (LAN), Jakarta Pusat. Dalam sambutan JK mengatakan seorang pemimpin tidak harus bekerja di kantor.

Dia mencontohkan seperti Presiden Jokowi yang blusukan untuk meninjau keluhan masyarakat.

"Pemimpin yang kalau Pak Jokowi menjalankannya apa pergi sendiri melihat blusukan. Ada pemimpin juga di situ, jadi bukan hanya pemimpin yang hanya di kantor saja. Itu kadang-kadang menggabungkan," kata JK di Kantor LAN, Jalan Veteran, Jakarta Pusat, Selasa (5/3).

Dia mengatakan ada beberapa perbedaan antara pemimpin dan kepala. Jika pemimpin memberikan inspirasi, sedangkan kepala diberikan amanah.

"Pemimpin juga memberikan inspirasi beda antara pemimpin dan kepala. Kalau kepala diangkat karena SK, kalau pemimpin karena perilaku. Anda bisa kepala sekaligus pemimpin bisa. Tapi juga Anda bisa jadi kepala tapi tidak bisa jadi pemimpin," kata JK.

"Karena kepemimpinan itu suatu cara bagaimana menggerakan anak buah," lanjut JK.

Dia juga menjelaskan tidak hanya pemimpin yang memberikan inspirasi, karyawan pun bisa memberikan inspirasi kepada atasannya.

"Jadi kadang-kadang anak buah memberikan inspirasi tanpa diperintah dan menjalankan," ungkap JK. [dan]

Topik berita Terkait:
  1. Wapres Jusuf Kalla
  2. Jakarta
Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini