Di Banyuwangi, Iriana Jokowi Bikin Kuis Cara Cuci Tangan yang Benar

Senin, 28 Januari 2019 14:19 Reporter : Merdeka
Di Banyuwangi, Iriana Jokowi Bikin Kuis Cara Cuci Tangan yang Benar iriana dan mufidah di banyuwangi. ©2019 Merdeka.com/liputan6.com

Merdeka.com - Ibu Negara, Iriana Joko Widodo mengkampanyekan Indonesia bebas sampah plastik. Hal ini dikatakan Iriana saat melakukan kunjungan ke Puskesmas Kelurahan Gitik Kabupaten Banyuwangi Provinsi Jawa Timur, Senin (28/1).

Iriana didampingi Mufidah Jusuf Kalla dan anggota Organisasi Aksi Solidaritas Era Kabinet Kerja (OASE-KK). Awalnya, Iriana mengadakan kuis kepada para ibu-ibu yang mengetahui 6 tahap mencuci tangan.

"Coba yang bisa mempraktikkan cara mencuci tangan? Silakan bu, ayo semangat, ayo ada berapa langkah? Ayo bu, semangat semua ya ibu-ibu, ayo ada berapa langkah bu?" tanya Iriana kepada ibu-ibu yang hadir dalam acara itu.

Iriana lalu meminta kepada ibu-ibu mempraktikkan sambil bernyanyi. Para ibu-ibu pun maju ke depan panggung untuk mempraktikkan cara mencuci tangan 6 langkah sambil bernyanyi.

"Terus buka keran ya bu, tapi harus sesuai dengan yang dibutuhkan, karena air jangan sampai dibuang, kasihan sayang. Karena kita susah air bersih di Kabupaten lainnya, kita bersyukur di sini banyak air ya," ucap Iriana.

iriana dan mufidah di banyuwangi 2019 Merdeka.com/liputan6.com


Iriana pun memberikan hadiah berupa tumbler kepada ibu-ibu yang telah mempraktikkan cara mencuci tangan yang baik. Dia menyebut tumbler ini diberikan sebagai salah satu bentuk gerakan mengurangi sampah plastik di Indonesia.

"Ini (hadiah) dari bu JK (Ibu Mufidah Jusuf Kalla). Oh tumbler, ini salah satu gerakan mengurangi sampah plastik ibu-ibu. Karena plastik tidak boleh digunakan lagi. Tapi bertahap ya ibu-ibu tidak langsung dihilangkan. Nanti untuk di rumah juga ya bu jangan sampai membuat kotoran dengan sampah plastik," jelas Iriana.

Reporter: Lizsa Egeham

Sumber: Liputan6.com [rnd]

Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini