Di Balik Mundurnya Akmal Taher dari Satgas Covid-19

Senin, 28 September 2020 12:07 Reporter : Intan Umbari Prihatin
Di Balik Mundurnya Akmal Taher dari Satgas Covid-19 Staf Khusus Menteri Bidang Peningkatan Pelayanan Kemenkes RI Akmal Taher. ©2019 Merdeka.com

Merdeka.com - Guru besar Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia (UI) Akmal Taher sudah resmi mundur dari posisinya sebagai Ketua Bidang Penanganan Kesehatan Satuan Tugas Penanggulangan Covid-19. Dia mengatakan alasannya pamit lantaran berbeda strategi dengan tim Satgas.

"Kalau misalnya saya berbeda dengan strategi tertentu ya kan saya sendiri punya hak untuk menentukan apa sikap saya," kata Akmal saat dihubungi merdeka.com, Senin (28/9).

Dia menjelaskan maksud strategi yang berbeda. Salah satunya terkait tracing yang dilakukan.

"Soal tracing saja, penekanan mana aja. Semuanya harus dikerjakan dari ujung ke ujung dari mulai pencegahan, deteksi sampai ngobatin orang sakit, itu semua mesti dikerjakan untuk Covid," ungkap Akmal.

Menurutnya, dalam keadaan saat ini perlu diputuskan strategi yang baik. Tidak bisa dikerjakan seluruhnya dalam satu waktu.

"Perbedaan itu kan biasa banget terkait strategi seperti itu," kata Akmal.

Dia menekankan strategi yang baik yaitu melakukan pengetesan, pelacakan dan tindakan secara masif. Walaupun dia mengklaim tim satgas sudah melakukan hal tersebut.

"Hanya saja perbedaan tracing itu yang bilang perbedaan penekanan itu saja, tidak mungkin tidak dibikin sama sekali. Buktinya ada tracing, bukannya tidak ada," ungkap Akmal.

Mantan Dirut RSUP Dr Cipto Mangunkusumo itu akan kembali fokus mengajar di Universitas Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia (FKUI). Tidak hanya itu dia juga berencana akan bergabung dengan Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM).

"Saya kan Guru Besar ya tugas ngajar, semua tetap berjalan. Jadi bisa jalur itu LSM, tapi yang pasti tidak meninggalkan penanganan Covid," ungkap Akmal. [noe]

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini