Di Balik Alasan Prabowo Masuk Pemerintahan Jokowi Meski Ada yang Kecewa

Selasa, 13 Oktober 2020 11:49 Reporter : Merdeka
Di Balik Alasan Prabowo Masuk Pemerintahan Jokowi Meski Ada yang Kecewa Rizky Irmansyah Ajudan Prabowo. ©2020 Merdeka.com/Instagram @rizky_irmansyah

Merdeka.com - Menteri Pertahanan RI, Prabowo Subianto, berbicara ragam hal dalam sebuah sesi wawancara mulai dari partainya hingga alasannya mau bergabung ke pemerintah Presiden Joko Widodo dan Wakil Presiden Ma'ruf Amin. Seperti diketahui, Prabowo dan Jokowi adalah rival di Pemilu 2019 silam.

Alasan utamanya, kata Prabowo, demi kepentingan nasional. "Jadi waktu itu saya demi kepentingan nasional dan keyakinan saya demi kepentingan nasional," ucap Prabowo dalam sebuah sesi wawancara yang dikutip Liputan6.com, Selasa (13/10).

"Di awalnya saya tidak berharap jabatan apa saja, saya bilang saya ingin istirahat. Dari usia muda hingga sekarang saya kan belum pernah cuti, tapi akhirnya demi kepentingan nasional saya diminta masuk dan saya bilang oke," sambung Prabowo.

Selain itu, dia punya keyakinan bisa bekerja sama dengan Jokowi. Dia menambahkan, meski sebelumnya mereka adalah pesaing, tetapi tetapi menjunjung rasa saling hormat.

"Kita saling menghormati, kita saling bercanda untuk memberi kesan kita itu saudara. Kita rival tapi kita itu bukan musuh," ujar dia.

Diakuinya pilihan bergabung ke pemerintahan Jokowi memang tak mudah kala itu. Sejumlah orang menentang keputusannya bahkan hingga kecewa.

"Ada beberapa rekan saya, ada beberapa pendukung saya yang sempat kecewa sama saya, 'kenapa bapak kok ya gitu...' tapi pribadi saya gitu jangan kau dikte saya," katanya.

Jokowi akhirnya menunjuk Prabowo sebagai menteri Pertahanan. Prabowo mengaku terhormat atas amanah yang diberikan Jokowi padanya.

"Saya merasa bahwa saya mengerti bidang pertahanan, saya mengerti, saya paham, saya kuasai. Dan akhirnya beliau (Jokowi) beri saya kehormatan, kepercayaan saya jadi menteri pertahanan," ujar Prabowo.

Reporter: Yopi Makdori

Sumber: Liputan6.com [lia]

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini