Dewas KPK Pengganti Artidjo Alkostar Dikabarkan Akan Dilantik Jokowi Hari Ini

Rabu, 28 April 2021 07:56 Reporter : Merdeka
Dewas KPK Pengganti Artidjo Alkostar Dikabarkan Akan Dilantik Jokowi Hari Ini Jokowi lantik menteri baru. ©Muchlis Jr - Biro Pers Sekretariat Presiden

Merdeka.com - Presiden Joko Widodo atau Jokowi dikabarkan akan melantik Indriyanto Seno Adji. Indriyanto akan dilantik menjadi anggota Dewan Pengawas (Dewas) Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menggantikan Artidjo Alkostar.

"Iya (Indriyanto Seno Adji juga akan dilantik menjadi Dewas KPK)," ujar sumber Liputan6.com di Istana saat dikonfirmasi, Rabu (28/4).

Guru Besar Ilmu Hukum Pidana dari Universitas Indonesia itu nantinya akan dilantik bersama 2 calon menteri dan satu kepala lembaga di Istana Kepresidenan Jakarta. Mereka antara lain, calon Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Dikbud-Ristek) yang akan diisi oleh Mendikbud Nadiem Makarim.

Kemudian, calon Menteri Investasi Bahlil Lahadalia yang saat ini menjabat Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM). Selain itu, Kepala Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) Laksono Tri Handoko yang akan dilantik Jokowi menjadi Kepala Badan Riset dan Inovasi.

"Ada Menteri Dikbud-Ristek, (Menteri) Investasi, Kepala BRIN (yang akan dilantik)," kata sumber yang sama.

Sebelumnya, mantan anggota Dewas KPK Artidjo Alkostar meninggal dunia pada 28 Februari 2021. Mantan Hakim Agung itu kemudian dimakamkan di kompleks pemakaman Universitas Islam Indonesia (UII) Yogyakarta.

Artidjo resmi menjadi salah satu anggota Dewan Pengawas KPK usai membacakan sumpah dan janji pada Jumat, 20 Desember 20219 lalu di Istana Kepresidenan. Tak sendiri, Artidjo Alkostar diangkat sebagai Dewas KPK bersama mantan Hakim MK Harjono, Peneliti LIPI Syamsuddin Haris, Wakil Ketua Pengadilan Tinggi Kupang Albertina Ho, dan Wakil Ketua KPK periode 2003-2007 Tumpak Hatorangan Panggabean.

Artidjo Alkostar sudah 18 tahun menduduki posisi Hakim Agung sebelum akhirnya pensiun pada 22 Mei 2018 di usia 70 tahun. Ia pun dikenal sebagai hakim yang keras pada koruptor.

Seperti diketahui, Dewan Pengawas merupakan amanat dalam Undang-Undang Nomor 19 Tahun 2019 tentang KPK. Mekanisme pergantian anggota Dewas KPK diatur dalam Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 4 Tahun 2020 tentang Tata Cara Pengangkatan Ketua dan Anggota Dewan Pengawas KPK.

Dalam Pasal 15 ayat (2) menyebutkan bahwa atas kekosongan jabatan anggota Dewas, maka Ketua Dewas harus menyampaikannya kepada Presiden paling lama 3 hari. Ketua dan Anggota Dewas ditunjuk dan diangkat untuk pertama kali oleh Presiden.

"Dari uraian di atas pergantian antarwaktu anggota Dewan Pengawas KPK, ditunjuk dan diangkat oleh Presiden," tutur Wakil Ketua KPK Nurul Ghufron saat dikonfirmasi, Selasa (2/3/2021).

Reporter: Lizsa Egeham

Sumber: Liputan6.com [lia]

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini