Dewan Pengawas dan Secercah Harapan Penguatan Peran KPK

Jumat, 20 Desember 2019 16:29 Reporter : Merdeka
Dewan Pengawas dan Secercah Harapan Penguatan Peran KPK Pelantikan Dewan Pengawas KPK. ©2019 Merdeka.com/Intan Umbari Prihatin

Merdeka.com - Presiden Jokowi telah memilih lima anggota Dewan Pengawas KPK. Mereka adalah Tumpak Hatorangan Panggabean, Artidjo Alkostar, Albertina Ho, Harjono, dan Syamsuddin Haris. Tumpak didapuk sebagai Ketua Dewan Pengawas KPK.

Mantan Pimpinan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) periode 2015-2019 menyatakan dukungan kepada Dewan Pengawas pilihan Presiden Jokowi. Mereka menilai dewan pengawas yang dipilih Jokowi benar-benar orang yang berintegritas.

"Kita sudah digantikan oleh pimpinan baru. Ya Perlu kita dukung supaya langkah-langkah untuk pencegahan maupun untuk pemberantasan korupsi bisa lebih efektif di waktu yang akan datang," kata mantan Ketua KPK Agus Rahardjo di Kompleks Istana Kepresidenan Jakarta, Jumat (20/12).

Hal sama disampaikan Wakil Ketua KPK 2015-2019 Laode M. Syarif. Menurut dia, yang menjadi polemik sejak revisi Undang-Undang Nomor 19 Tahun 2019 tentang KPK adalah tugas dari Dewan Pengawas KPK. Bukan orang-orang yang ditunjuk.

"Yang jadikan polemik dari awal bukan soal orangnya, tapi soal tugas dewas itu, enggak mengawasi tapi menyetujui," ucapnya di lokasi sama.

Menurut dia, anggota Dewan Pengawas KPK yang sudah ditunjuk Jokowi merupakan sosok yang paham tentang tugas lembaga antirasuah. Dia memastikan akan mendukung lima anggota Dewan Pengawas KPK.

"Tapi orang yang dipilih benar, mereka kita support seratus persen. Saya pikir beliau mengetahui KPK," tutur dia.

Baca Selanjutnya: Perkuat Kinerja KPK...

Halaman

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini