Desmond Nilai Kapolri Harus Minta Maaf Polisi Amankan Pengunggah Humor Gus Dur

Jumat, 19 Juni 2020 17:22 Reporter : Ahda Bayhaqi
Desmond Nilai Kapolri Harus Minta Maaf Polisi Amankan Pengunggah Humor Gus Dur Desmond J Mahesa. ©dpr.go.id

Merdeka.com - Peristiwa penangkapan seorang warga oleh Polres Kepulauan Sula karena mengunggah humor Presiden RI Keempat Abdurrahman Wahid alias Gus Dur terkait tiga polisi jujur, berujung teguran dari Mabes Polri kepada personel kepolisian tersebut. Namun, menurut Wakil Ketua Komisi III DPR RI Desmond J Mahesa tidak cukup Polri memberikan teguran kepada anggotanya.

Desmond mengatakan, seharusnya sebagai institusi Polri meminta maaf atas perilaku anggotanya yang dianggap kelewatan. Bahkan, lebih baik lagi Kapolri Jenderal Idham Azis disarankan untuk menyampaikan minta maaf atas peristiwa ini.

"Kapolri harusnya memberikan catatan, dan lebih baik, lebih arif kalau sebenarnya Kapolri atau pimpinan polri meminta maaf atas kesalahan ini," ujar Desmond saat dihubungi, Jumat (19/6).

Desmond menilai peristiwa tersebut menunjukkan secara mental kepolisian tidak menjalankan tupoksinya dengan benar. Wajah kepolisian yang mengarah ke militer di tingkatan bawah itu, mencerminkan lapis atas kepolisian pula. Desmond menyayangkan sikap polisi yang main tangkap.

"Tetapi kan kalau kita mau lihat ini kan di daerah Sula saja, mungkin tidak pernah tau tentang meme atau lelucon Gus Dur ini, jadi dia menggunakan kekuasaan kepolisiannya, ini yang patut disayangkan," ujar Desmond.

Desmond mengatakan, hal ini menjadi catatan di Komisi III yang mengharapkan ada perubahan di institusi Polri. Komisi III berharap Polri menunjukkan wajah sipil. Peristiwa itu dianggap peninggalan wajah lama kepolisian.

"Bagaimana kita membelokkan, kembalikan pada posisi bahwa civilian polisi itu seharusnya polisi sipil gitu loh, bukan penggunaan kekerasan dan kekuasaan lebih kepada persuasif seharusnya," ujar politikus Gerindra ini. [eko]

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini