Desa Banyuwangi darurat DBD, TNI dikerahkan buat basmi nyamuk

Kamis, 31 Desember 2015 20:04 Reporter : Yulistyo Pratomo
Desa Banyuwangi darurat DBD, TNI dikerahkan buat basmi nyamuk nyamuk demam berdarah . shutterstock

Merdeka.com - Kasus demam berdarah dengue merebak di Desa Banyuwangi, Kabupaten Magelang, Jawa Tengah, membuat daerah itu dinyatakan sebagai kejadian luar biasa. Sepanjang November-Desember 2015 sudah 14 orang dinyatakan menderita penyakit yang disebabkan nyamuk aedes aegypti ini.

"Kasus ini mengalami peningkatan drastis, kemudian dinyatakan KLB. Kalau disebut ada yang meninggal dunia tersebut sudah pulang dari rumah sakit, informasi ada penyakit lain menyertainya," kata Kepala Puskesmas Bandongan, Maya Christanti, Kamis (31/12), demikian dilansir Antara.

Dia mengimbau masyarakat untuk melakukan gerakan pemberantasan sarang nyamuk (PSN). Salah satunya dengan fogging atau pengasapan sebagai salah satu upaya membunuh nyamuk, namun yang terpenting yakni melakukan PSN secara terus menerus.

Dinas Kesehatan Kabupaten Magelang dibantu empat personel dari Koramil 03-Bandongan Kodim 0705/Magelang, melakukan pengasapan di Dusun Mendak Utara, Desa Banyuwangi yang merupakan daerah pertama muncul kasus DBD di desa tersebut.

Kepala Dusun Mendak Utara, Masruroh mengatakan, di wilayah setempat yang menderita DB ada tujuh orang, terdiri atas tiga anak dan empat orang dewasa. Mereka sempat menjalani rawat inap di RSUD Tidar Kota Magelang, namun kini sudah sehat.

"Kejadian terakhir menimpa balita usia tujuh bulan. Kasus DBD terjadi sejak November 2015. 'Fogging' telah dilakukan dua kali, pertama pada akhir November dan kedua hari ini," katanya.

Dia mengatakan setelah ditemukan kasus DBD, pihaknya bersama kader posyandu, petugas puskesmas dan Koramil 03-Bandongan melakukan gerakan PSN. Selain itu, memberikan penyuluhan kepada warga untuk hidup bersih dan mengubur botol-botol yang berserakan. [tyo]

Topik berita Terkait:
  1. Demam Berdarah
  2. Magelang
Komentar Pembaca

Merdeka.com sangat menghargai pendapat Anda. Bijaksana dan etislah dalam menyampaikan opini. Pendapat sepenuhnya tanggung jawab Anda sesuai UU ITE.

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini