Hot Issue

Deretan Pejabat Positif Covid-19

Jumat, 27 Maret 2020 10:03 Reporter : Supriatin
Deretan Pejabat Positif Covid-19 Budi Karya Sumadi. ©2017 Merdeka.com

Merdeka.com - Dalam waktu kurang dari empat minggu kasus Corona Virus Disease (Covid-19) sudah menjangkiti 893 orang di Indonesia. 78 Orang di antaranya meninggal dunia sedangkan 35 berhasil sembuh. Data itu berdasarkan pemaparan juru bicara pemerintah terkait penanganan Covid-19, Achmad Yurianto, Kamis (27/3) kemarin.

Proses penularan Covid-19 terbilang cepat dibanding virus SARS. Struktur molekular yang terdapat pada virus asal Wuhan, China itu disebut 10 kali lebih bahaya dibanding SARS. Demikian disampaikan para ahli.

Covid-19 juga bisa menginfeksi siapa pun tanpa pandang bulu. Baik anak-anak, remaja, dewasa maupun orang tua. Pun demikian dengan masyarakat biasa sampai pejabat.

Di Tanah Air, lima pejabat sudah dipastikan terinfeksi Covid-19. Di antaranya ada yang masih sehat secara fisik, ada juga yang harus dirawat intensif di rumah sakit karena kondisi tubuh melemah. Berikut pejabat terinfeksi Covid-19:

1 dari 5 halaman

Menhub Budi Karya Sumadi

Pejabat pertama yang terkonfirmasi positif Covid-19 adalah Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi. Status positif corona Budi Karya sempat ditutup-tutupi. Namun, kemudian dibuka pemerintah setelah kabar Budi Karya terjangkit Covid-19 beredar luas di media sosial.

Menteri Sekretaris Negara Pratikno yang menyampaikan langsung bahwa Budi Karya terinfeksi virus yang menyerang sistem pernapasan itu.

"Atas izin keluarga yang disampaikan oleh Pak Kepala RSPAD adalah Pak Budi Karya Sumadi, Pak menhub (positif terinfeksi Covid-19)," kata Pratikno, Sabtu (14/3).

Kabar ini disampaikan malam hari sekitar pukul 20.50 WIB di Kantor Setneg. Di tempat yang sama, Wakil Kepala RSPAD Albertinus Budi Sulistia mengatakan Budi Karya Sumadi tercatat sebagai kasus 76.

"Benar bahwa pada saat ini pasien 76 sedang dirawat di RSPAD Gatot Soebroto. Dan dengan beberapa hasil antara lain hasil lab, confirm untuk Covid-19," tegasnya.

2 dari 5 halaman

Wali Kota Bogor Bima Arya

Lima hari setelah Budi Karya Sumadi dinyatakan positif Covid-19, kabar yang sama datang dari Wali Kota Bogor Bima Arya. Politikus Partai Amanat Nasional (PAN) itu dinyatakan positif terjangkit virus corona setelah menjalani tes pada Selasa (17/3) di RS Bogor Senior Hospital.

Bima Arya memang baru saja melakukan kunjungan kerja ke Turki dan Azerbaijan. Ia berada di luar negeri sejak 9 Maret 2020 dan baru kembali ke Tanah Air pada 16 Maret 2020.

"Kamis sore, tanggal 19 Maret 2020, Wali Kota Bogor Bima Arya, telah menerima hasil tes Swab yang menunjukkan positif Covid-19," kata Pelaksana Tugas (Plt) Kadis Kesehatan Kota Bogor Sri Nowo Retno, Kamis (19/3) malam.

Meski dinyatakan positif Covid-19, kondisi fisik Bima Arya stabil. Tak ada sakit yang dialaminya, baik sakit berat atau ringan. Namun, atas kesadaran dirinya Bima Arya menjalani proses isolasi di RSUD Kota Bogor.

"Wali Kota menjalani proses isolasi di RSUD Kota Bogor sejak Kamis malam, 19 Maret 2020 selama minimal 14 hari ke depan," ujar dia.

3 dari 5 halaman

Bupati Karawang Cellica Nurrachadiana

Bupati Karawang, Cellica Nurrachadiana juga dinyatakan positif terinfeksi Covid-19. Kabar ini disampaikan oleh Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil.

Diduga, Cellica terpapar Covid-19 saat menghadiri acara Musyawarah Daerah (Musda) Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (Hipmi) Jawa Barat dua pekan lalu di Hotel Swiss Bell Inn, Kabupaten Karawang.

"Bupati Karawang terpapar positif (corona). Saya imbau siapa yang hadir di Musda Hipmi segera melapor ke dinas kesehatan masing-masing untuk tes," ujar Ridwan Kamil, Selasa (24/3).

Acara Hipmi sendiri dihadiri banyak pejabat. Selain Ridwan Kamil yang membuka acara, tampak pula Wakil Wali Kota Bandung, Yana Mulyana, Kepala Badan Koordinasi dan Penanaman Modal Bahlil Lahadalia, Wali Kota Cimahi Ajay Muhammad Priatna dan Asda Pemprov Jabar Eddy Nasution.

4 dari 5 halaman

Wakil Wali Kota Bandung Yana Mulyana

Sehari sebelum Ridwan Kamil mengumumkan kabar yang menimpa Cellica, Wakil Wali Kota Bandung Yana Mulyana menyampaikan bahwa dirinya positif terinfeksi Covid-19. Yana Mulyana menyampaikan langsung melalui akun Instagram pribadinya, @kangyanamulyana.

"Saya Yana Mulyana, Wakil Wali Kota Bandung. Setelah mengalami demam dan melakukan tes Covid-19 beberapa hari lalu dan hari ini hasilnya telah keluar dan saya dinyatakan positif corona Covid-19," kata Yana Mulyana, Senin (23/3).

Usai mengetahui dirinya positif corona,
Yana Mulyana menjalani proses isolasi. Proses isolasi mandiri sebelumnya ia lakukan saat mengalami demam.

"Saya telah melakukan isolasi dan insya Allah mohon doa dari semua, terima kasih," kata Yana.

5 dari 5 halaman

Dirjen Perkeretaapian Kemenhub Zulfikri

Direktur Jenderal Perkeretaapian Kementerian Perhubungan Zulfikri juga dinyatakan positif terpapar virus corona atau Covid-19. Juru Bicara Kementerian Perhubungan, Adita Irawati mengatakan kondisi Zulfikri dalam keadaan sehat dan tengah melakukan karantina.

"Pada hari ini, Selasa, 24 Maret 2020 atas seizin dari yang bersangkutan, kami informasikan bahwa Dirjen Perkeretaapian Kementerian Perhubungan Bapak Zulfikri telah dinyatakan positif Covid-19," kata Adita melalui keterangan resminya, di Jakarta, Selasa (24/3).

Setelah menjalani tes dan berstatus ODP, Zulfikri melakukan isolasi mandiri di rumah. Selama berada di rumah, ia menggunakan masker dan mencegah kontak dengan orang lain.

"Beliau telah melakukan tes swab bersama dengan istri pada tanggal 18 Maret 2020 dan istri beliau dinyatakan negatif Covid-19," kata dia. [gil]

Baca juga:
Di Tengah Wabah Corona, Menko Luhut Minta Pemda Tak Persulit Penyaluran Bantuan
Tausiyah MUI Sumut Hadapi Covid-19, Haramkan PDP ke Tempat Umum Termasuk Masjid
Bantul Tutup Semua Objek Wisata Demi Cegah Penyebaran Covid-19
Cegah Penularan Covid-19, Santri Pesantren Tebuireng Jombang Dipulangkan
Pasien terus Meningkat, RSUD Margono Banyumas Kekurangan APD
Jangan Khawatir, Ini Fakta Stok Uang Tunai di Indonesia Rp450 T Cukup untuk 6 Bulan

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini