Deretan Jenderal Ini Berpeluang Menjadi Wakil Panglima TNI

Kamis, 7 November 2019 12:28 Reporter : Mardani
Deretan Jenderal Ini Berpeluang Menjadi Wakil Panglima TNI gladi bersih HUT TNI 74. ©2019 Merdeka.com/Imam Buhori

Merdeka.com - Presiden Jokowi kembali menghidupkan posisi Wakil Panglima TNI. Berdasarkan laman setneg.go.id, posisi itu tertuang dalam Peraturan Presiden Nomor 66 Tahun 2019 Tentang Susunan Organisasi Tentara Nasional Indonesia, yang telah ditetapkan 18 Oktober 2019 kemarin, dan sudah diundang-undangkan.

Lebih tepatnya, posisi itu disebut dalam Pasal 13 ayat 1 huruf a yang berbunyi; Markas Besar TNI meliputi: 1. Panglima; dan 2. Wakil Panglima.

Dalam Pasal 15 ayat 1 dijelaskan bahwa tugas Wakil Panglima yakni: merupakan koordinator pembinaan kekuatan TNI guna mewujudkan interoperabilitas/Tri Matra Terpadu, yang berkedudukan di bawah dan bertanggung jawab kepada Panglima.

Sementara, yang berhak menduduki posisi Wakil Panglima adalah Perwira Tinggi atau Pati yang berpangkat bintang empat (4). Lantas siapa saja jenderal TNI yang berpeluang menjadi Wakil Panglima?

1 dari 3 halaman

Jenderal TNI Andika Perkasa

Jenderal TNI Andika Perkasa menjadi salah satu jenderal yang berpeluang menduduki posisi Wakil Panglima TNI. Saat ini jenderal bintang empat ini menjabat sebagai Kepala Staf TNI Angkatan Darat (Kasad).

Jenderal Andika dilantik menjadi Kasad pada 29 November 2018 lalu. Jenderal satu ini kariernya terbilang cepat pada era Presiden Jokowi.

Sejumlah jabatan penting pernah dijabat lulusan Akademi Militer 1987 ini. Pada era Presiden Jokowi, Jenderal Andika pernah menjabat sebagai Komandan Paspampres, Pangdam XII/Tanjungpura, Dankodiklatad, Pangkostrad dan sekarang Kasad.

2 dari 3 halaman

Laksamana Siwi Sukma Adji

Laksamana TNI Siwi Sukma Adji merupakan perwira tinggi TNI bintang empat yang juga berpeluang menjadi Wakil Panglima TNI. Saat ini, Laksamana Siwi Sukma Adji menjabat sebagai Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal).

Penunjukkan Laksamana Siwi Sukma Adji sebagai Kasal berdasarkan Keputusan Presiden (Keppres) Nomor 43/TNI/2018 tentang Pemberhentian dan Pengangkatan Kasal. Saat itu, pelantikan langsung dilakukan oleh Presiden Jokowi di Istana Negara, Jakarta, Rabu (23/5),

Sebelum dilantik jadi Kasal, Siwi menjabat sebagai Asisten Perencanaan Umum Panglima TNI. Dia juga pernah menjadi Panglima Koarmabar menggantikan Laksda TNI Achmad Taufiqoerrochman dan Kepala Departemen Operasi KRI Untung Suropati-372.

Alumni Akademi Angkatan Laut angkatan 30 lulus yang pada tahun 1985 ini pernah menduduki posisi Palaksa KRI Teluk Sampit-515, Komandan KRI PRB-728, Komandan KRI STS-376, dan Komandan KRI Nala. Dia juga sempat menjabat sebagai Komandan KDA, Komandan Lanal Pontianak, Komandan Selapa Pusdikopsla, Komandan Satran Koarmatim, Asrena Pangkolinlamil, Asops Pangarmabar, dan Komandan Guskamlatim

3 dari 3 halaman

Marsekal Yuyu Sutisna

Marsekal Yuyu Sutisna juga menjadi salah satu nominasi untuk menduduki jabatan Wakil Panglima TNI. Selain berbintang empat di pundaknya, Marsekal Yuyu Sutisna saat ini menjabat sebagai Kepala Staf Angkatan Udara (Kasau).

Marsekal Yuyu Sutisna menjabat Kasau sejak Januari 2018 lalu, menggantikan Marsekal Hadi Tjahjanto yang dipilih Jokowi menjadi Panglima TNI.

Sebelum menjadi Kasau, Marsdya Yuyu Sutisna sempat menjabat sebagai Wakasau. Dia juga sempat menjabat sebagai Panglima Komando Pertahanan Udara Nasional. Pada 27 Oktober 2017 dia mendapat promosi menjadi wakasau.

Yuyu Sutisna merupakan Alumni Akademi Angkatan Udara 1986. Dia merupakan penerbang tempur yang mengantongi ribuan jam terbang menerbangkan F-5 Tiger. Yuyu pernah menjabat Pa PNB Skadud 14 Wing 3 Lanud lswahjudi, lnstruktur di Lanud Adi Sutjipto, Danskadud 14 Wing 3 Lanud Iswahjudi, Atase Pertahanan RI di Washington DC. Lalu menjadi Pangkosek Hanudnas Medan, Danlanud lswahjudi, Waasops KSAU tahun 2015.

Dia kemudian dipercaya menjabat Pangkoopsau I tahun 2016 dan menjadi Pangkohanudnas setahun sebelumnya. [dan]

Baca juga:
DPR Nilai Jokowi Jawab Kebutuhan TNI dengan Hidupkan Kembali Wakil Panglima
DPR Kritik Posisi Wakil Panglima TNI Buat Birokrasi Jadi Gemuk
Jokowi Kembali Hidupkan Posisi Wakil Panglima TNI
Pangdam Siliwangi Baru Janji Prioritaskan Program Citarum Harum
Panglima TNI Sebut Pemindahan Ibu Kota & Pilkada jadi Fokus Kerja 2020

Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini