Densus Pantau Pergerakan 5 WNI Kena Sanksi AS Terkait Danai Keuangan ISIS

Rabu, 11 Mei 2022 16:09 Reporter : Nur Habibie
Densus Pantau Pergerakan 5 WNI Kena Sanksi AS Terkait Danai Keuangan ISIS Polisi geledah bekas markas FPI. ©2021 Merdeka.com/Iqbal Nugroho

Merdeka.com - Detasemen Khusus (Densus) 88 Antiteror Polri terus melakukan pemantauan terhadap pergerakan lima orang Warga Negara Indonesia (WNI) yang disanksi oleh Amerika Serikat (AS). Lima WNI dituding mendanai keuangan ISIS di Indonesia, Suriah, dan Turki.

"Densus sudah laksanakan pemantauan terus ke 5 WNI (danai ISIS) tersebut," kata Kadiv Humas Polri Irjen Dedi Prasetyo kepada wartawan, Rabu (11/5).

Dedi menjelaskan, untuk WNI atas nama Ari Kardian saat ini sudah dinyatakan bebas setelah menjalani hukuman terkait dengan perannya, yakni memberangkatkan orang ke Negara Suriah.

"Ari Kardian sudah bebas, kasusnya memfasilitasi pengiriman orang ke Suriah. Ari dua kali diproses hukum, hukuman pertama dan ke dua 3 tahun," jelasnya.

Sedangkan, untuk WNI atas nama Rudi Heriadi sendiri telah divonis 3 tahun 6 bulan pada tahun 2019 silam, karena deportan dari Negara Suriah. Ia pun saat ini baru dinyatakan bebas.

Selain itu, untuk dua perempuan atas nama Dwi Dahlian dan Dini Ramadani diyakini berada di Suriah. Hal ini diyakini berdasarkan dari dokumen perjalanannya.

"1 lagi Muhammad Dandi Adiguna, berdasarkan keterangan ayahnya sudah di luar negeri mungkin juga di Suriah," ujarnya.

Dengan masih ada yang berada di luar negeri tersebut, pihaknya telah melakukan komunikasi dengan Interpol sejumlah negara tempat WNI itu berada.

"Densus sudah laksanakan pemantauan terus ke 5 WNI tersebut. Khusus yang diduga masih berada di LN akan dikomunikasikan antara Hubinter NCB dengan Interpol di negara-negara yang diduga tempat WNI tersebut," tutupnya.

Berikut WNI yang terlibat Foreign Terroris Fighter (FTF) ISIS :

1. Dwi Dahlia Susanti asal Tasikmalaya saat ini diduga berada di Syiria.
2. Rudi Heryadi asal Sawangan Depok dideportasi dari Turki 27 September 2019 dan proses pidana baru keluar bebas bersyarat 9 Mei 2022.
3. Ari Kardian asal Tasikmalaya ditangkap 2016 sebagai fasilitator saat ini sudah bebas.
4. Muh Dandi Adhiguna asal Cianjur Jabar fasilitator keberangkatan ke Suriah
5. Dini Ramadhani asal Tegal Jateng fasilitator bergabung ISIS diduga berada di Turki. [rhm]

Baca juga:
BNPT Ungkap 5 Sosok WNI Danai ISIS di Suriah, Ada yang Tinggal di Depok
Rekam Jejak 5 WNI Disanksi AS Karena Danai ISIS, 2 Ada di Indonesia
Ini Profil dan Peran Lima WNI yang Disanksi AS karena Bantu Keuangan ISIS
AS Beri Sanksi kepada 5 Individu Pemasok Keuangan ISIS di Indonesia

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini

Opini