Demo di Patung Kuda, Buruh dan Mahasiswa Bawa Empat Tuntutan Ini

Sabtu, 21 Mei 2022 17:20 Reporter : Merdeka
Demo di Patung Kuda, Buruh dan Mahasiswa Bawa Empat Tuntutan Ini Demo buruh di Patung Kuda. ©Liputan6.com/Ady Anugrahadi

Merdeka.com - Sejumlah aliansi buruh dan mahasiswa menggelar demonstrasi di kawasan Patung Kuda Arjuna Wiwaha, Jakarta Pusat, Sabtu (21/5). Pendemo membawa sejumlah tuntutan dalam demo kali ini. Di antaranya, meminta pemerintah mencabut Omnibus Law RUU Cipta Kerja beserta turunannya. Kedua, menghentikan pembahasan revisi undang-undang dan pembentukan peraturan perundang-undangan.

Ketiga, hentikan aksi represif aparat dan kriminalisasi terhadap gerakan rakyat. Terakhir, menuntut pemerintah menurunkan harga BBM, tarif dasar listrik, LPG dan sembako.

Ketua Umum Konfederasi Kongres Aliansi Serikat Buruh Indonesia (KASBI), Nining Elitos mengatakan kenaikan harga berimbas pada kehidupan buruh. Apalagi upah buruh tidak dinaikkan.

"Buruh tercekik dan kenapa itu menjadi tuntutan utama kita," ujar dia.

Terpisah, Kapolres Metro Jakarta Pusat Kombes Pol Komarudin menerangkan, sebanyak 5.750 personel dikerahkan untuk mengawal demo tersebut.

"Kita bagi di dua titik untuk mengantisipasi, jadi saat ini kegiatan kita adalah pengawalan jalannya penyampaian pendapat di muka umum di dua titik yakni di DPR dan di Patung Kuda Arjuna Wiwaha," ujar Komarudin.

2 dari 2 halaman

Antisipasi Kelompok Penyusup

Polisi juga mengantisipasi massa yang diduga bakal mencoba menyusup di antara pendemo. Kabid Humas Polda Metro Jaya, Kombes Pol Endra Zulpan menerangkan pihaknya mengerahkan personelnya untuk mengawal demo sejak dari titik keberangkatan massa.

"Tentunya untuk mengantisipasi terjadinya penyusupan di dalam aksi ini, Polda Metro Jaya mengawal kegiatan mereka, mulai mereka dari titik berangkat sehingga dalam perjalanan mereka tidak ada hambatan," kata Zulpan.

Zulpan menerangkan, pihaknya juga menempatkan personel di lokasi. Mereka ditugaskan berkoordinasi dengan koordinator aksi supaya menunjukkan surat pemberitahuan kepada Polda Metro Jaya sehingga massa yang melakukan demo dipastikan sah.

"Kemudian juga kita melihat seragam yang mereka gunakan. Kalau kelompok mahasiswa biasanya menggunakan almamater, nah ini akan kita lindungi. Jadi orang yang tidak memiliki kesamaan keseragaman akan kita pisah kan," ujar dia.

Polda Metro Jaya siap menjaga dan mengawal kegiatan penyampaian pendapat di muka umum yang diadakan oleh elemen buruh.

"Kita berharap semuanya bisa berjalan tertib," ujar dia.

Reporter: Ady Anugrahadi [ray]

Baca juga:
Demo Ricuh di Patung Kuda, 26 Orang Kelompok Perusuh Diamankan
Ribuan Buruh Unjuk Rasa di Patung Kuda
Duduk Perkara Kapolsek Gambir Terinjak-injak Massa Demo Rusuh di Patung Kuda
Catat, 2 Lokasi Ibu Kota akan Dipadati Massa Buruh dan Mahasiswa Hari Ini
Ini Penyebab Muncul Isu Pemakzulan saat Peringati Reformasi Menurut Ketua DPD RI

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini