Demi Menangkan Kontes, Tiga Warga di Bandung Campurkan Ganja ke Pakan Burung Merpati

Selasa, 4 Oktober 2022 21:13 Reporter : Aksara Bebey
Demi Menangkan Kontes, Tiga Warga di Bandung Campurkan Ganja ke Pakan Burung Merpati

Merdeka.com - Tiga pegiat merpati kontes ditangkap polisi karena diduga menyalahgunakan ganja. Mereka mencampurkan pakan burung dengan ganja untuk pakan merpatinya, karena dipercaya bisa meningkatkan akselerasi saat kontes terbang.

Kapolresta Bandung Kombes Pol Kusworo mengatakan tiga orang tersangka tersebut berinisial DF (28), RF (22) dan RM (25). Mereka mengaku sebagai pengedar dan pengguna ganja.

Mereka ditangkap pada 1 Oktober 2022 di Kampung Junti Hilir, Desa Sangkan Hurip, Kecamatan Katapang, Kabupaten Bandung sekira pukul 21.00 WIB. Barang bukti yang berhasil disita berupa ganja seberat 3 Kg dan 20 burung merpati.

"Hasil penyelidikan, ketiganya juga mengkonsumsi juga mengedarkan (ganja). Mereka iseng memberikan ganja untuk burung untuk membuat performa merpati menjadi lebih baik saat mengikuti kontes," ungkap Kusworo, Selasa (4/10).

Atas perbuatan tersebut ketiga tersangka dijerat dengan Pasal 114 ayat (2) Sub Pasal 111 ayat (2) UURI No.35 Thn 2009, Tentang Narkotika dengan ancaman penjara minimal 6 tahun maksimal 20 tahun.

Salah seorang tersangka, DF mengaku mencampur pakan dan air burung dengan ganja. Ide itu berawal dari keisengan dia dan dua temannya. Namun, tak disangka, performa burung yang diberi pakan khusus itu sangat baik dan mendapat penilaian tinggi dari juri.

"Sangat bagus kalau lagi kontes, terbangnya jadi makin tinggi, dan saat akan mendarat pun menukiknya kadang sampai tanah. Awal nyoba aja, jadi keterusan karena (performa burungnya) bagus, sempat juara sebanyak tiga kali," terang dia.

Biasanya burung yang mendapat pakan campuran ganja tersebut tak berumur lama karena benturan yang keras ke tanah saat bermanuver. Namun ia tak menghiraukannya, karena hadiah yang didapatkan bisa menjadi tambahan di samping menjadi pengedar ganja.

"Kami tetap untung karena dapat hadiah, karena jumlahnya bisa menutupi biaya operasional, membeli merpati dan ganja," pungkasnya. [cob]

Baca juga:
Sabu Seberat 2,9 Kg Diselundupkan Dalam Kardus dan Alat Dapur
Ketahuan Jual Narkoba, Sipir Rutan Sialang Bungkuk Terancam Dipecat
Disergap saat Bawa Sabu-Sabu, Sipir Rutan Sialang Bungkuk Pekanbaru Tabrak Polisi
Gerebek Kampung Ambon, Polisi Letuskan Tembakan Peringatan 'Panggil' Pengedar Narkoba
Besuk Pacar di Lapas Samarinda, Wanita Muda Ketahuan Selundupkan Sabu-Sabu

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini

Opini