Demi Kopi, Sumsel dan Bengkulu Sepakat Bangun Jalan Penghubung Baru

Jumat, 26 Juni 2020 06:04 Reporter : Irwanto
Demi Kopi, Sumsel dan Bengkulu Sepakat Bangun Jalan Penghubung Baru Ilustrasi Pembangunan Jalan

Merdeka.com - Pemerintah Provinsi Sumatera Selatan dan Bengkulu sepakat membangun jalan baru yang menghubungkan kedua daerah tersebut. Sasarannya adalah mempercepat akses dan meningkatkan perekonomian terutama kopi yang menjadi salah satu andalan hasil perkebunan.

Gubernur Sumsel, Herman Deru mengungkapkan, rencana pembangunan jalan itu sebenarnya sudah lama sejak Bengkulu memekarkan diri sebagai provinsi baru tahun 1968 lalu. Hanya saja, banyak terkendala sehingga belum terwujud.

Jalan penghubung itu sepanjang 49 kilometer dan menghubungkan ruas jalan Suka Raja-Padang Capo Kabupaten Seluma, Bengkulu dengan Jalan Air Kelinsar Kabupaten Empat Lawang, Sumsel.

Kedua provinsi juga akan melakukan peningkatan jalan dari Tanjung Iman-Muara Sahung-Air Tembok di Kabupaten Kaur, Bengkulu, menuju Muara Dua, Kabupaten Ogan Komering Ulu Selatan, Sumsel, sejauh 36 kilometer. Rencana pembangunannya dituangkan dalam Piagam Memorandum Raflesia.

"Hari ini kita sepakat mewujudkan rencana itu, kita bakal bangun jalan penghubung baru Sumsel-Bengkulu. Tahun depan mulai pembangunan," ungkap Deru, Kamis (25/6).

1 dari 1 halaman

Diakuinya, selama ini cukup sulit menjangkau Bengkulu karena aksesnya hanya beberapa titik dan jalan tol yang sedang dibangun tetapi hanya batas gerbang Lubuklinggau. Sementara jalan penghubung baru akan mengkoneksikan Sumsel melalui Empat Lawang dan Ogan Komering Ulu Selatan.

"Jalan ini bisa mempersingkat waktu sekitar satu jam, biasanya memerlukan waktu lima jam karena harus memutar jauh," ujarnya.

Selain mempersingkat waktu, jalan ini diproyeksikan dapat mempermudah pengangkutan hasil perkebunan kedua provinsi, terutama kopi yang menjadi salah satu andalan. Petani bisa menghemat biaya produksi sehingga meningkatkan pendapatan.

"Petani kopi bisa naikkan mutu karena penghasilan bertambah," kata dia.

Sementara Gubernur Bengkulu Rohidin Mersyah mengatakan, jalan penghubung ini dapat mempermudah mobilitas dan mampu membuka kawasan ekonomi baru. Pembangunannya berasal daru APBD kedua provinsi yang dimulai tahun depan.

"Memang ada sejumlah kendala, salah satunya ada kawasan hutan yang harus dibebaskan sepanjang 12 kilometer, tapi kami sudah koordinasi dengan Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan untuk mengatasi permasalahan ini," pungkasnya. [fik]

Baca juga:
Menteri Teten Siapkan Digitalisasi Koperasi Bersaing di Industri Kopi Tanah Air
Jenis-Jenis Kopi yang Paling Populer, dari Robusta Hingga Liberika
Resep Spice Cappuccino yang Menghangatkan Tubuh
Menikmati Kopi Mandailing, Cita Rasa Arabika yang Mendunia
Resep Mocha Frappuccino Ekonomis Seenak Starbucks

Topik berita Terkait:
  1. tag
  2. Bengkulu
  3. Kopi
  4. Ragam Konten
  5. Palembang
Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini