Demi jaga marwah DPR, Ketum PPP minta PAN ganti Taufik dari kursi pimpinan

Rabu, 31 Oktober 2018 15:24 Reporter : Sania Mashabi
Demi jaga marwah DPR, Ketum PPP minta PAN ganti Taufik dari kursi pimpinan Ketum PPP Romahurmuziy. ©2018 Merdeka.com/Nuryandi

Merdeka.com - Ketua Umum Partai Persatuan Pembangunan (PPP) Muhammad Romahurmuziy (Romi) menilai sebaiknya Partai Amanat Nasional (PAN) mencopot Taufik Kurniawan dari jabatannya sebagai Wakil Ketua DPR. Hal itu dilakukan untuk menjaga marwah DPR.

"Dalam hemat kami sebagai salah satu fraksi di DPR, posisinya sebagai pimpinan dewan sebaiknya oleh PAN segera dilakukan pergantian. Tetapi kalau posisinya sebagai anggota DPR tentu dikembalikan ke Fraksi PAN dan yang bersangkutan," kata Romi di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Rabu (31/10).

Rommy menilai seharusya setiap Anggota DPR bisa menjaga marwahnya. Sebab, DPR mewakili masyarakat Indonesia.

"Karena kita duduk bukan sebagai pribadi bukan hanya mewakili fraksi atau partai yang memberangkatkan kita atau dapil. Tapi kita duduk di lembaga yang memang begitu terhormat posisinya dalam nomenklatur kelembagaan negara. Sehingga memang dari tinjauan etika hal yang ditimbang seorang pimpinan lebih berat dari pada anggota biasa," ungkapnya.

Meski begitu, Anggota Komisi XI ini menyerahkan sepenuhnya pada Taufik dan Fraksi PAN.

"Merasa kemundurannya itu akan memberikan penjagaan terhadap marwah dewan atau tidak. Karena ini penilaiannya di nurani karena kalau mengembalikan ke delik formil yang terjadi adalah tunggu putusan berkekuatan hukum tetap," ujarnya.

"Ini persoalan dalam UU MD3 karena memang semua UU kita dibuat dengan asas praduga tidak bersalah," ucapnya. [ray]

Komentar Pembaca

Merdeka.com sangat menghargai pendapat Anda. Bijaksana dan etislah dalam menyampaikan opini. Pendapat sepenuhnya tanggung jawab Anda sesuai UU ITE.

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini