Delegasi Partai Buruh Australia Sambangi DPR Bahas Kerjasama Atasi Corona

Kamis, 12 Maret 2020 15:00 Reporter : Merdeka
Delegasi Partai Buruh Australia Sambangi DPR Bahas Kerjasama Atasi Corona Delegasi Partai Buruh Australia temui pimpinan DPR. ©Liputan6.com/Yopi Makdori

Merdeka.com - Partai Buruh Australia menyambangi kantor Wakil Ketua DPR Azis Syamsuddin untuk membahas kerja sama dalam menanggulangi virus Corona. Rombongan tersebut dipimpin oleh Chairman of the Labor Party Indo Pasific Trade Task Force, Luke Gosling.

"Kunjungan yang kedua juga bersepakat dari parlemen Australia dan Indonesia sama-sama bagaimana mengatasi Covid-19 dan kerjasama ini perlu ditingkatkan dari beberapa kerjasama yang telah dilakukan dalam hal mengatasi kebakaran hutan di Australia beberapa waktu lalu," kata Azis di Komplek Parlemen, Jakarta, Kamis (12/3/2020).

Azis tidak menyebutkan secara spesifik kerjasama macam apa yang akan dilakukan antara kedua negara tersebut untuk menanggulangi Corona.

Di samping itu, Azis menjelaskan kedatangan Luke dan rombongan juga membahas mengenai kerjasama ekonomi. "Tapi juga dalam hal aplikasi kerjasama-kerjasama baik dalam hal ekonomi, perdagangan yang secara teknis akan ditindaklanjuti dari berbagai macam Kementerian," katanya.

Sementara itu, Luke menyebut kedatangannya guna meningkatkan nilai perdagangan antar dua negara.

"Sekarang (sudah) baik tetapi khususnya dengan trade kami bisa trade lebih banyak supaya saya rapat dengan orang trade dan mau lebih banyak komunikasi tentang Coronavirus dan maritime security dan trade. Trade antara Australia dan Indonesia harus increase, harus meningkat," kata Luke.

2 dari 2 halaman

Tingkatkan Sektor UMKM

Dalam kesempatan itu, Wakil Ketua DPR Azis Syamsuddin mengatakan, untuk mengantisipasi dampak ekonomi atas merebaknya wabah virus corona, pemerintah diminta memperkuat sektor UMKM di masyarakat.

"Adapun hal-hal mengenai langkah-langkah yang harus kita lakukan dari sisi parlemen kita harus memperkuat sektor ekonomi UKM, karena pandemi Corona ini ekspor impor kita agak turun," ujarnya.

Azis memandang, UMKM akan perkasa untuk menggerakkan ekonomi bangsa yang nampak mulai lesu. "UMKM ini bisa bergerak sehingga aktivitas ekonomi tidak hanya bersandar kepada impor tetapi kepada hasil produksi nasional," ucapnya.

Untuk menanggulangi dampak lebih luas, Azis meneruskan bahwa masyarakat diimbau untuk tidak panik. Masyarakat diminta untuk terus menjaga kebersihan di lingkungannya.

"Nah langkah yang harus kita lakukan tentu harus bersama-sama tidak bisa sendiri oleh pemerintah dan oleh DPR tetapi harus bersama masyarakat sehingga masyarakat juga harus bersama melakukan itu dalam rangka meredam virus Corona," tandasnya.

Reporter: Yopi Makdori

Sumber: Liputan6.com [bal]

Baca juga:
Komisi IX DPR: Pemerintah Jangan Kesampingkan Wabah DBD
DPR: Jangan Sibuk Urus Corona Tapi Lupa Bahaya Nyata DBD
Anggota DPR: RI Bisa Tangani Flu Burung, Tunjukan Corona Juga Mampu
Iuran BPJS Batal Naik Jadi Momentum Perbaikan Sistem Jaminan Sosial Nasional
DPR Minta Semua Pihak Tunduk pada Putusan MA Soal Iuran BPJS Kesehatan
Nasabah Minta DPR Restui Penjualan Mal Citos untuk Bayar Utang Jiwasraya

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini