Datangi Mapolda DIY, warga serahkan barang bukti tulisan ancaman ke Sultan

Kamis, 10 Mei 2018 04:33 Reporter : Purnomo Edi
Datangi Mapolda DIY, warga serahkan barang bukti tulisan ancaman ke Sultan Datangi Mapolda DIY, warga serahkan barang bukti tulisan ancaman ke Sultan. ©2018 Merdeka.com

Merdeka.com - Perwakilan dari Aliansi Masyarakat Anti Anarkisme (AMAN) menyerahkan barang bukti terkait tulisan vandalisme provokatif, yang menghina Gubernur DIY yang juga Raja Keraton Yogyakarta, Sri Sultan HB X. Barang bukti berupa tulisan yang terpasang di baliho iklan luar ruang ini diamankan Sekber Keistimewaan, usai demo Hari Buruh di Pertigaan UIN Sunan Kalijaga, Selasa (1/5) lalu.

Juru bicara AMAN, Agung Budyawan menyampaikan barang bukti tulisan vandalisme provokatif ancaman ke Sultan ini diamankan dengan cara dirobek dari papan baliho. Tulisan itu kemudian disimpan sebagai bukti.

"Diambil dengan cara punji-punjian (saling gendong). Kemudian diamankan," ujar Agung di Mapolda DIY, Rabu (9/5).

Agung menerangkan barang bukti tersebut hanya satu yaitu tulisan di baliho iklan luar ruang itu. Sedangkan coretan di tembok sudah langsung dicat ulang.

"Yang ada di tembok (coretan vandalisme provokatif dan menghina Sultan) itu langsung diblok atau dihapus. Agar tidak menimbulkan kegaduhan di masyarakat," urai Agung.

Agung menjabarkan penyerahan bukti potongan baliho itu diharapkan bisa menjadi bahan bagi kepolisian untuk memproses hukum pelaku pembuat tulisan tersebut. Agung juga tak memermasalahkan apakah potongan baliho yang diserahkan AMAN akan digunakan sebagai barang bukti baru atau tambahan oleh pihak kepolisian.

"Kami mengapresiasi kinerja polisi yang relatif cepat menangkap tersangka dalam demo rusuh," urai Agung.

Terpisah, Kabid Humas Polda DIY, AKBP Yuliyanto mengatakan barang bukti diterima oleh pihaknya. Nantinya barang bukti itu akan menjadi bahan penyidikan.

"Nanti (barang bukti) akan dipertimbangkan penyidik. Apakah jadi barang bukti dalam unjuk rasa atau di kasus (tulisan) bernada hasutan," tutup Yuliyanto. [cob]

Komentar Pembaca

Merdeka.com sangat menghargai pendapat Anda. Bijaksana dan etislah dalam menyampaikan opini. Pendapat sepenuhnya tanggung jawab Anda sesuai UU ITE.

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini