Datangi Bareskrim, aktivis konsultasi pernyataan Andi Arief

Rabu, 2 Juli 2014 19:56 Reporter : Mustiana Lestari
Datangi Bareskrim, aktivis konsultasi pernyataan Andi Arief andi arief. merdeka.com

Merdeka.com - Aktivis angkatan 1980, 1998 dan 2000 yang tergabung dalam Relawan Indonesia Hebat hari ini menyambangi Mabes Polri. Mereka datang untuk berkonsultasi kepada penyidik Bareskrim terkait pernyataan Staf Khusus Presiden Andi Arief yang mengatakan penyair Wiji Thukul masih hidup dan tidak diculik.

Kedatangan mereka ditanggapi Dirtipidum Bareskrim Polri Brigjen Herry Prastowo. "Akan meminta klarifikasi kepada Andi Arief yang mengatakan keberadaan Wiji Thukul. Ini sangat mengganggu dan menyakiti perasaan kami sebagai kawan-kawan Wiji Thukul dan lebih menyakitkan lagi keluarga dan anak-anaknya yg selama 16 tahun mencari bapaknya," kata Ketua Umum Relawan Indonesia Hebat, Rian Andi Sumarno di Bareskrim Polri, Jakarta, Rabu (7/1).

Polri menjanjikan kepada mereka untuk mengusut dan mengklarifikasi pertanyaan tersebut. Rian pun menantang agar Andi Arief menunjukkan keberadaan Wiji.

"Apabila Wiji Thukul sudah tidak ada ya ini kebohongan publik yang dilakukan seorang staf khusus presiden yang seakan-akan melegitimasi bahwa penculikan yang dilakukan Prabowo itu tidak ada," sambung dia.

Dia pun menilai pernyataan Andi Arief, yang juga pernah menjadi korban penculikan 1997-1998, dilatarbelakangi oleh keberpihakan kepada capres Prabowo Subianto .

"Apalagi pernyataan Andi Arief ini kan vulgar yg menyatakan bahwa tidak ada saksi tidak ada orang yang melihat Wiji Thukul itu diculik," tambah Kepala Departemen Advokasi Relawan Indonesia Hebat, Taufan Huneman.

Pernyataan Andi Arief bahwa Wiji Thukul masih hidup dan tidak diculik muncul dari wawancara media online terhadap bekas aktivis Partai Rakyat Demokratik (PRD) itu. Untuk diketahui, hingga kini Wiji Thukul bersama 12 orang lainnya masih hilang sejak pergolakan 1997-1998. [ren]

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini