Datang ke KY, Daming Sunusi langsung diperiksa

Selasa, 15 Januari 2013 16:03 Reporter : Baiquni
Datang ke KY, Daming Sunusi langsung diperiksa Daming Sunusi. ©2013 Merdeka.com

Merdeka.com - Calon hakim agung Daming Sunusi mendatangi Komisi Yudisial (KY) untuk mengklarifikasi pernyataannya menyebut pelaku dan korban sama-sama menikmati perkosaan. Selain itu, dia juga hendak meminta maaf ke publik atas pernyataannya itu.

"Pak Daming dengan inisiatif sendiri datang ke KY dengan maksud mengklarifikasi ucapannya dan minta maaf kepada masyarakat juga KY yang telah meloloskan dia ke DPR," ujar Wakil Ketua KY Imam Anshori Saleh di kantornya, Jl Kramat Raya, Jakarta, Selasa (15/1).

Imam mengatakan, kedatangan Daming ini kemudian dimanfaatkan KY untuk melakukan pemeriksaan. "Rencananya kami juga akan memeriksa, tapi karena beliau datang sendiri, langsung kami sampaikan ini sekaligus pemeriksaan," kata dia.

Selanjutnya, Imam menjelaskan, hasil pemeriksaan terhadap Daming belum akan mengarahkan pada pemberian sanksi. Menurut dia, KY harus menjalankan prosedur dengan membawa hasil pemeriksaan ke dalam rapat pleno komisioner untuk menentukan apakah pernyataan Daming mengandung unsur pelanggaran kode etik atau tidak.

"Hasilnya tidak bisa disampaikan sekarang. Yang jelas, ini akan kami tindak lanjuti sampai pada kesimpulan apakah ada pelanggaran atau tidak," ucap dia.

Lebih lanjut Imam menambahkan, jika KY menemukan adanya pelanggaran, maka sanksi terhadap Daming akan disampaikan melalui rekomendasi ke Mahkamah Agung (MA).

"Kalau memang ada pelanggaran, ya, tentu akan kami sampaikan usulan sanksi ke MA apakah ini termasuk ringan, sedang atau berat," ujar dia.

Daming tiba di gedung KY pada pukul 13.30 WIB didampingi Kepala Biro Hukum dan Humas MA Ridwan Mansyur. Petugas keamanan KY kemudian langsung mengantarkan Daming dan Ridwan menuju ruangan Wakil Ketua KY untuk menjalani pemeriksaan.

Di dalam ruangan Wakil Ketua KY, Daming diperiksa oleh Imam Anshori Saleh dan Komisioner bidang Rekrutmen Hakim Taufiqurrahman Syahuri didampingi anggota tim pemeriksa. [has]

Topik berita Terkait:
  1. Daming Sunusi
Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini