Data BMKG: Suhu Udara di Sumatera Selatan Naik Mencapai 33 Derajat Celcius

Minggu, 30 Januari 2022 19:05 Reporter : Merdeka
Data BMKG: Suhu Udara di Sumatera Selatan Naik Mencapai 33 Derajat Celcius jembatan ampera. ©wikimedia.org

Merdeka.com - Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memperkirakan suhu udara sebagian wilayah Sumatera Selatan meningkat hingga mencapai 33 derajat Celcius. Penyebabnya, terjadi perubahan pola angin beberapa hari terakhir.

Dilansir Antara, Minggu (30/1), Kepala BMKG Stasiun Sultan Mahmud Badaruddin II Palembang Desindra Deddy Kurniawan mengatakan, peningkatan suhu diperkirakan terjadi di Kota Palembang, Kabupaten Banyuasin, Musi Banyuasin, Ogan Ilir dan Ogan Komering Ilir berkisar 24 — 33 derajat Celcius, pada Minggu (30/1) hingga awal Februari 2022.

Wilayah Sumsel dalam beberapa waktu ini terpantau terdapat pola angin divergen (penyebaran massa udara) sehingga uap air menyebar sehingga menghambat pertumbuhan awan hujan.

Di samping itu, peningkatan suhu udara juga dipengaruhi aktivitas atmosfer yang terpantau tidak aktif sehingga berpengaruh terhadap minimnya ketersediaan uap air untuk membentuk awan hujan.

Karena potensi hujan untuk waktu ini menurun maka suhu udara juga mengalami peningkatan. Suhu udara maksimum di Stasiun Meteorologi SMB II Palembang pada Sabtu (29/1) mencapai 33 derajat Celcius.

Namun, wilayah Sumsel masih berpotensi terjadi hujan dengan intensitas ringan hingga lebat. Bersifat lokal atau tidak merata. Diperkirakan potensi hujan di wilayah Sumsel akan meningkat kembali mulai tanggal 30 Januari hingga awal Februari 2022.

2 dari 2 halaman

Perkiraan cuaca pada pagi hari, Minggu, cuaca berawan hingga berpotensi hujan sedang hingga lebat di wilayah Empat Lawang, dan Ogan Komering Ilir (OKI). Sedangkan wilayah berpotensi hujan ringan di Musi Rawas, Lubuk Linggau, Ogan Komering Ulu (OKU) Selatan, OKU Timur, dan OKU.

Pada siang hingga sore hari diperkirakan berawan, berpotensi hujan sedang hingga lebat di wilayah OKU Selatan, OKU, Lahat, Pagaralam, Muara Enim, Empat Lawang, Lubuk Linggau, Musi Rawas Utara, Musi Rawas. Adapun wilayah berpotensi hujan ringan di Musi Banyuasin, Penukal Abab Lematang Ilir (PALI), OKI dan OKU Timur.

Pada malam hari, cuaca diperkirakan berawan, berpotensi hujan sedang hingga lebat di wilayah OKU Selatan, OKU Timur, OKU, Lahat, Muara Enim, dan Pagar Alam. Sedangkan wilayah berpotensi hujan ringan di Empat Lawang, Musi Rawas, Ogan Ilir, dan Prabumulih.

Sedangkan pada dini hari, cuaca diperkirakan berawan dan udara kabur hingga berpotensi hujan sedang hingga lebat di wilayah Musi Rawas, Musi Rawas Utara, Lubuk Linggau, Musi Banyuasin, PALI, Prabumulih, Ogan Ilir, Palembang, Banyuasin, OKI, Muara Enim, dan OKU Timur. Berpotensi hujan ringan di wilayah OKU Selatan, OKU, Lahat, dan Pagar Alam.

Suhu udara di wilayah Sumsel dataran rendah sekitar Palembang, Banyuasin, Musi Banyuasin, Ogan Ilir dan OKI berkisar 24 – 33 °C dengan kelembapan udara 60 persen - 96 persen.

Suhu udara di wilayah Sumsel dataran tinggi sekitar Pagar Alam, Empat Lawang, Lubuk Linggau, Lahat dan OKU Selatan berkisar 19 – 32 °C dengan kelembapan udara 65 persen - 100 persen.

Angin dari Barat – Utara dengan kecepatan 05 - 25 km/jam.

Tinggi gelombang laut di Selat Gelasa dan Selat Bangka bagian Utara 0,5 meter – 1,25 meter, di Selat Bangka bagian Selatan 0,1 meter – 0,5 meter. Cuaca diperkirakan cerah berawan, arah angin dari Barat Laut – Timur Laut dengan kecepatan 04 – 30 km/jam.

Terkait perkiraan cuaca tersebut, BMKG mengeluarkan peringatan dini untuk mewaspadai potensi hujan sedang yang dapat disertai kilat/petir dan angin kencang berdurasi singkat pada siang hingga sore hari di wilayah OKU Selatan, OKU, Lahat, Pagar Alam, Muara Enim, Empat Lawang, Lubuk Linggau, Musi Rawas Utara, Musi Rawas, dan OKI.

Pada malam hingga dini hari di wilayah OKU Selatan, OKU Timur, OKU, Lahat, Muara Enim, Pagar Alam, Musi Rawas, Musi Rawas Utara, Lubuk Linggau, Musi Banyuasin, PALI, Prabumulih, Ogan Ilir, Palembang, Banyuasin, dan OKI.

Baca juga:
Gotong Royong Warga AS Membersihkan Salju di Tempat Umum
Penjelasan BMKG Soal Dampak Pumpunan Angin di Wilayah Jateng Bagian Selatan
Keceriaan Anak-Anak Palestina Saat Salju Turun di Tepi Barat
Penampakan Yerusalem Berselimut Salju
BMKG Imbau Masyarakat Waspada Gelombang 2 Meter di Selat Lombok dan Perairan Sumbawa

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini

Opini