Dalmas dikeroyok geng motor, Polri hanya imbau petugas hati-hati

Selasa, 17 Maret 2015 23:33 Reporter : Muhamad Agil Aliansyah
Dalmas dikeroyok geng motor, Polri hanya imbau petugas hati-hati Kabid Humas Polda Rikwanto. ©2012 Merdeka.com/rahma

Merdeka.com - Polri mengimbau kepada personelnya di daerah untuk lebih peka dalam setiap mengambil tindakan untuk mengatasi masalah di lapangan.

Hal itu dikatakan Kepala Bagian Penerangan Umum Polri Kombes Pol Rikwanto terkait anggota Dalmas Polresta Cirebon berinisial MA, yang menjadi korban pengeroyokan geng motor saat berusaha melerai keributan di area parkir CSB Mall Jalan Cipto Magunkusumo, Cirebon, Minggu (15/3) kemarin.

"Supaya hal seperti itu tidak terulang lagi. Petugas Polisi di lapangan dalam melakukan tindakan kepolisian harus memperhitungkan situasi bila akan melerai perkelahian atau akan menangkap pelaku kejahatan," kata Rikwanto kepada merdeka.com, Selasa (17/3).

Rikwanto enggan menuding anggotanya lalai dalam menjalankan tugas hingga menjadi korban pengeroyokan. Oleh sebab itu, Rikwanto berpesan agar setiap anggota polisi yang sedang menjalankan tugas untuk terus waspada dan memahami kondisi lingkungan di wilayah tugas masing-masing.

"Pelajari kondisi masa yang ada. Cek kekuatan sendiri. Perlukah minta bantuan Polsek atau Polres terdekat dan lain-lain," ujar dia.

Rikwanto mengatakan saat ini para pelaku pengeroyokan tersebut sudah diamankan dan sedang diproses polisi setempat. Para pelaku dijerat pasal 170 KUHP tentang kekerasan terhadap orang dengan ancaman hukuman lima tahun enam bulan penjara.

"Itu kasus penganiayaan dan pasal pidana lainnya," pungkasnya.

Seperti diketahui seorang anggota Dalmas Polresta Cirebon berinisial MA, yang menjadi korban pengeroyokan geng motor ketika berusaha melerai keributan melibatkan sesama geng motor di area parkir CSB Mall Jalan Cipto Magunkusumo, Cirebon, Minggu (15/3) kemarin.

Namun sekelompok pemuda itu tak terima dengan teguran MA dan mengeroyok, menanggalkan celana dan mengarak MA menggunakan sepeda motor.

Para pengeroyok tersebut sudah ditangkap. Mereka adalah MI (15), S (28), YB (17), PP (16), RR (25), CA (17), AS (20) dan S (29). [siw]

Topik berita Terkait:
  1. Pengeroyokan Polisi
  2. Jakarta
Komentar Pembaca

Merdeka.com sangat menghargai pendapat Anda. Bijaksana dan etislah dalam menyampaikan opini. Pendapat sepenuhnya tanggung jawab Anda sesuai UU ITE.

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini