Dalami kasus suap Garuda, KPK panggil anak Hadinoto Soedigno

Selasa, 28 Agustus 2018 10:39 Reporter : Merdeka
Dalami kasus suap Garuda, KPK panggil anak Hadinoto Soedigno Gedung baru KPK. ©2015 merdeka.com/dwi narwoko

Merdeka.com - Penyidik Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menjadwalkan pemeriksaan karyawan PT Bank Sumitomo Mitsui Indonesia, Rullianto Hadinoto. Anak dari mantan Direktur Produksi PT Citilink Indonesia Hadinoto Soedigno itu akan dimintai keterangan sebagai saksi untuk tersangka Soetikno Soedarjo dalam kasus dugaan suap pengadaan mesin dan pesawat di PT Garuda Indonesia.

"Yang bersangkutan akan diperiksa sebagai saksi untuk tersangka SS (Soetikno Soedarjo)," kata Juru Bicara KPK Febri Diansyah saat dikonfirmasi, Selasa (28/8).

Selain Rullianto, penyidik KPK juga memanggil Dessy Fadjriaty selaku karyawan swasta. Serupa dengan Rullianto, Dessy juga akan diperiksa sebagai saksi untuk tersangka Soetikno Soedarjo.

KPK telah menetapkan dua tersangka terkait kasus tersebut, yaitu Emirsyah Satar dan Soetikno Soedarjo yang merupakan Presiden Komisaris PT Mugi Rekso Abadi (MRA). Emirsyah Satar dalam perkara ini diduga menerima suap 1,2 juta euro dan USD 180 ribu atau senilai total Rp 20 miliar.

Ia juga diduga menerima barang senilai USD 2 juta yang tersebar di Singapura dan Indonesia, dari perusahaan manufaktur terkemuka asal Inggris, Rolls Royce, dalam pembelian 50 mesin pesawat Airbus SAS pada periode 2005-2014 di PT Garuda Indonesia.

KPK menduga, pemberian suap itu dilakukan melalui seorang perantara Soetikno Soedarjo selaku beneficial owner dari Connaught International Pte Ltd yang berlokasi di Singapura.

Reporter: Fachrur Rozie
Sumber: Liputan6.com [fik]

Topik berita Terkait:
  1. KPK
  2. Suap Eks Dirut Garuda
  3. Jakarta
Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini