Dalam Waktu Dekat Kasus Prank Daging Kurban Isi Sampah Dilimpahkan ke Kejari

Selasa, 11 Agustus 2020 12:41 Reporter : Irwanto
Dalam Waktu Dekat Kasus Prank Daging Kurban Isi Sampah Dilimpahkan ke Kejari prank sampah. ©2020 Merdeka.com/youtube Edo Putra Official

Merdeka.com - Penyidik Satreskrim Polrestabes Palembang masih mendalami kasus prank daging kurban berisi sampah yang dilakukan Youtuber Edo Dwi Putra (24) bersama tiga rekannya. Sembari itu, polisi terus memburu satu pelaku yang dinyatakan buronan.

Kanit Pidana Khusus (Pidsus) Satreskrim Polrestabes Palembang, Iptu Hary Dinar mengatakan, pihaknya masih mengumpulkan barang bukti dan keterangan saksi untuk melengkapi berkas perkara tiga tersangka yang sudah ditangkap, yakni Edo, Diky Firdaus (20) dan Hadi Jaya Karim (18). Semuanya tengah mendekam di sel tahanan untuk memudahkan penyidikan.

"Kasusnya masih proses, tiga tersangka masih ditahan," katanya, Selasa (11/8).

Dia memastikan berkas perkara dalam waktu dekat akan tuntas dan selanjutnya dilimpahkan ke Kejaksaan Negeri Palembang. Tak banyak kendala yang dihadapi penyidik sehingga dirinya optimistis berkas nantinya dinyatakan lengkap dan memasuki proses persidangan.

"Tak lama lagi dilimpahkan ke kejaksaan, kami akan koordinasikan dengan jaksa penuntut," ujarnya.

Dalam kasus ini, kata dia, penyidik menggunakan Pasal 14 KUHP tentang membuat berita bohong dan Pasal 27 ayat (1) Undang-undang Nomor 19 Tahun 2016 tentang Informasi Transaksi Elektronik dengan ancaman sepuluh tahun penjara. Para tersangka dinilai melanggar kesusilaan berupa membuat konten video memberikan daging kurban berisi sampah.

"Perbuatan mereka dianggap membuat masyarakat resah. Satu pelaku lagi masih diburu yang berperan pengambil gambar," kata dia. [fik]

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini