Daftar Tunggu Calon Haji di Nunukan Sampai 35 Tahun, Kemenag Minta Masyarakat Sabar

Jumat, 22 Oktober 2021 04:34 Reporter : Iqbal Fadil
Daftar Tunggu Calon Haji di Nunukan Sampai 35 Tahun, Kemenag Minta Masyarakat Sabar Ibadah Umrah di Masjidil Haram. ©2021 Saudi Press Agency/Handout via REUTERS

Merdeka.com - Kementerian Agama Kabupaten Nunukan, Kaltara, mengatakan bahwa daftar tunggu calon jemaah haji (CJH) di daerahnya mencapai 35 tahun jika dilihat dari kuota yang diperoleh setiap tahunnya. Apalagi, dalam dua tahun terakhir dilakukan pembatalan ke Tanah Suci Mekkah karena pandemi Covid-19.

Kepala Kemenag Nunukan HM Ramli melalui Kasi Haji dan Umrah Sayid Abdullah di Nunukan, Kamis, menyebutkan jumlah CJH yang sudah mendaftarkan sampai saat ini sebanyak 13.080 orang. Sementara kuota yang diperoleh setiap tahun kurang dari 100 orang.

"Sampai hari ini jumlah CJH yang telah mendaftarkan diri di Kabupaten Nunukan sudah mencapai 13.080 orang jadi daftar tunggu mencapai 35 tahun," ujar dia seperti dilansir Antara.

Dia pernah mengusulkan agar ada penambahan kuota agar umat Islam yang telah mendaftarkan diri tidak terlalu lama menunggu, namun tidak disetujui oleh pemerintah dengan alasan daerah lain pun pasti menginginkan seperti itu.

Sementara kuota yang diperoleh Indonesia dari Pemerintah Arab Saudi pun masih terbatas atau jauh dari harapan dibandingkan dengan total CJH yang telah mendaftarkan diri seluruh Indonesia.

Sayid Abdullah mengharapkan CJH yang sudah mendaftarkan diri agar bersabar hingga masa giliran akibat dari terbatasnya kuota setiap tahun. Apalagi, dua tahun ditunda pemberangkatan jemaah haji ke Tanah Suci Mekkah karena pandemi Covid-19.

Jika Pemerintah Arab Saudi telah membuka ibadah haji pada 2022, maka tentunya CJH yang sempat tertunda tersebut untuk diprioritaskan pemberangkatannya. Selama ini, pendaftar ibadah haji di Kabupaten Nunukan sebagian berasal dari TKI yang bekerja di Sabah, Malaysia. [bal]

Baca juga:
KJRI di Jeddah Sebut Barcode PeduliLindungi Belum Bisa Dibaca Arab Saudi
Salat di Masjidil Haram Sudah Tak Dibatasi, Pemerintah Tunggu Kabar Umrah dari Saudi
Langkah Strategis Kemenag Siapkan Penyelenggaraan Ibadah Haji
Mengenal Tata Cara Haji, Pelajari Sebelum Pergi ke Tanah Suci
Penyelenggara Umrah dan Haji Tolak Putusan Kemenhub Batasi Penumpang Internasional
Raker dengan Menag, DPR Harap Ibadah Haji Bisa Dilaksanakan 2022

Topik berita Terkait:
  1. tag
  2. Haji
  3. Kemenag
  4. Nunukan
Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini

Opini