Curhat ke Jokowi, Dokter Faisal Akui Tenaga Medis Tangani Covid-19 Masih Kurang

Minggu, 27 September 2020 11:02 Reporter : Intan Umbari Prihatin
Curhat ke Jokowi, Dokter Faisal Akui Tenaga Medis Tangani Covid-19 Masih Kurang Presiden Jokowi Video Call. ©2020 Biro Pers Sekretariat Presiden

Merdeka.com - Lebih dari 7 bulan Indonesia diterpa pandemi Covid-19, namun belum terjadi penurunan kasus. Para dokter dan tenaga medis terus berjuang untuk membantu menyembuhkan pasien.

Dokter Faisal yang bertugas menangani pasien terduga Covid-19 sejak Januari di Rumah Sakit Penyakit Infeksi Prof. Dr. Sulianti Saroso berkesempatan berbincang dengan Presiden Joko Widodo atau Jokowi via video call.

"Bapak tugas di RSPI Sulianti Saroso, sejak kapan bertugas menangani Covid-19?" tanya Jokowi mengawali perbincangan, Minggu (27/9).

"Sejak Januari sudah mulai ada pasien-pasien terduga Covid. Bulan Maret kita mendapat pasien covid di Indonesia," cerita Faisal.

Faisal menceritakan kontak erat dengan sejumlah pasien Covid-19 membuat jadi terpapar Covid-19. Dia pun menjalani perawatan untuk memulihkan kondisinya.

Setelah melalui sejumlah pemeriksaan dan dilakukan tes usap, Faisal pun dinyatakan sembuh dan dapat kembali bertugas untuk kembali menolong dan memberikan pengobatan bagi para pasien yang terinfeksi Covid-19.

"Kemarin rontgen terakhir dan sudah di-swab. Saya dinyatakan sudah boleh bertugas. Jadi hari ini saya baru hari pertama bertugas," kata Faisal.

Jokowi pun bersyukur Faisal bisa bertugas kembali. Setelah itu, Mantan Gubernur DKI Jakarta tersebut menanyakan penanganan di rumah sakit tersebut.

Faisal menjelaskan perawatan pasien Covid-19 di rumah sakit tersebut sudah sesuai dengan prosedur dan standar dari Kementerian Kesehatan. Begitu pula dengan sarana dan obat-obatan yang tersedia lengkap. Namun, dia mengakui bahwa saat ini pihaknya mengalami kekurangan tenaga medis karena terjadi penambahan pasien.

"Tenaga mungkin masih tetap kurang. Pasien makin bertambah," keluh Faisal pada Jokowi.

Baca Selanjutnya: Bosan...

Halaman

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini