Cuaca mendung halangi warga Jakarta amati gerhana bulan malam ini

Sabtu, 4 April 2015 18:50 Reporter : Putri Artika R
Cuaca mendung halangi warga Jakarta amati gerhana bulan malam ini Gerhana bulan merah. ©AFP PHOTO

Merdeka.com - Gerhana bulan total yang terjadi malam ini, Sabtu (4/4) sedianya dapat dilihat di berbagai wilayah di Indonesia, termasuk Jakarta. Namun cuaca mendung dan hujan menjadi penghalang warga Jakarta melihat gerhana bulan total yang sangat istimewa tersebut.

Planetarium Dinas Pendidikan Provinsi DKI Jakarta, Cecep Nurwendaya menjelaskan, seperti halnya gerhana matahari, gerhana bulan juga hanya bisa dilihat apabila cuaca cerah.

"Kenapa kita tidak bisa mengamati gerhana bulan? Sama juga seperti gerhana matahari, sama juga dengan fenomena astronomi lainnya, adalah kondisi cuaca. Jika gerhana bulan berlangsung dan awan menutupi gerhana bulan, gerhana tetap berlangsung tapi tidak bisa teramati," kata Cecep di Planetarium, Jakarta, Sabtu (4/4).

Namun, Cecep mengatakan, kondisi ini bisa disiasati dengan kecanggihan teknologi saat ini. Gerhana bulan total bisa dilihat dari berbagai wilayah di Indonesia. Oleh sebab itu, gerhana bulan total masih bisa dipantau melalui teknologi live streaming dari wilayah-wilayah dengan kondisi cuaca cerah.

"Kita juga di zaman modern menggunakan live streaming bisa melihat di tempat-tempat lain.Kalau di kita hujan sangat boleh jadi di tempat lain yang tidak hujan, misal NTT atau di Kalimantan, Sulawesi, Papua, live streaming ini itu bisa kita pantau," ungkap Cecep. [siw]

Topik berita Terkait:
  1. Gerhana Bulan
  2. Jakarta
  3. Blood Moon
Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini