Cuaca Ekstrem, 280 Koper Jemaah Haji Debarkasi Makassar Terpaksa Ditinggal di Madinah

Kamis, 11 Agustus 2022 14:52 Reporter : Ihwan Fajar
Cuaca Ekstrem, 280 Koper Jemaah Haji Debarkasi Makassar Terpaksa Ditinggal di Madinah Jemaah haji Debarkasi Makassar. ©2022 Merdeka.com/Ihwan Fajar

Merdeka.com - Sejumlah jemaah haji dari kloter 1-16 Debarkasi Makassar telah tiba di Asrama Haji Sudiang. Namun, ada 280 koper milik jemaah yang masih berada di Madinah, Arab Saudi.

General Manager PT Garuda Airlines, Putu Tedy Wiryawan menginformasikan cuaca ekstrem di Arab Saudi membuat Panitia Penyelenggara Ibadah Haji memulangkan para jemaah dengan sangat hati-hati. Akibatnya, 280 koper milik jemaah haji kelompok terbang (kloter) 15 tidak dapat dibawa.

“Kami memohon maaf kepada jemaah Kloter 15 karena hanya 113 koper jemaah yang bisa dibawa oleh pesawat dan 280 masih ada di Madinah," ujarnya kepada wartawan, Kamis (11/8).

2 dari 2 halaman

Daya Angkut Pesawat Berkurang

Putu menyebut suhu ekstrem yang mencapai 46 derajat celsius mengurangi kemampuan daya angkut pesawat sehingga keputusan itu diambil. Barang yang tertinggal di Madinah akan diangkut pesawat kloter selanjutnya, yaitu kloter 16.

Wakil Sekretaris Panitia Pelaksana Ibadah Haji (PPIH) Debarkasi Makassar Solihin secara langsung menyerahkan para jemaah haji ke Pemerintah Provinsi (Pemprov) Papua. Selanjutnya, kata dia, jemaah haji menjadi tanggung jawab Pemprov Papua untuk memulangkan ke kampung halamannya masing-masing.

"Kita bersyukur karena jemaah haji tiba dengan selamat dan lengkap padahal cuaca di Tanah Suci cukup ekstrem," ujarnya. [yan]

Baca juga:
Angka Kematian Jemaah Haji Rendah, Kapuskes: Pertama Dalam Sejarah
PPIH Minta KBIHU Ikut Aturan Berlaku Terkait Haji, Pastikan Ada Sanksi Bila Melanggar
Pemerintah Saudi Usul Jemaah Berziarah di Madinah juga Dapat Pemahaman Soal Sejarah
Pemerintah Saudi: Kalau Pandemi Selesai, Semua Normal Termasuk Pembatasan Usia
Wamen Haji dan Umrah Saudi Puji Kekompakan Petugas RI Layani Jemaah di Tanah Suci
Fase Pemulangan dari Madinah Masih Berlangsung, 78.369 Jemaah Sudah di Tanah Air

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini

Opini