Charta Politika: 62,4% Responden Nilai Polri Tak Transparan Ungkap Kasus Ferdy Sambo

Kamis, 22 September 2022 16:23 Reporter : Merdeka
Charta Politika: 62,4% Responden Nilai Polri Tak Transparan Ungkap Kasus Ferdy Sambo Ferdy Sambo Peluk Erat Istri Saat Rekonstruksi. ©2022 Liputan6.com/Faizal Fanani

Merdeka.com - Charta Politika Indonesia merilis hasil survei 'Kondisi Sosial Politik dan Peta Elektoral Pasca Kenaikan Harga BBM'. Salah satu poinnya berkaitan dengan isu transparansi polisi mengungkap kasus penembakan Brigadir J yang diotaki oleh eks Kadiv Propam Polri Ferdy Sambo.

Dalam survei, sekitar 91,4 persen responden mengaku mengetahui kasus penembakan Brigadir J tersebut. Sementara itu, sekitar 8,6 persen mengaku tidak mengetahui kasus pembunuhan berencana tersebut.

Pertanyaan lanjutannya, 'Apakah menurut bapak/ibu/saudara pengungkapan kasus polisi tembak polisi oleh Kepolisian berjalan transparan atau tidak transparan?'

Hasilnya, 62,4 persen responden menyatakan pengungkapan kasus penembakan Brigadir J oleh Polri tidak transparan. Sedangkan, 32,4 persen percaya Polri transparan dalam mengungkap kasus pembunuhan tersebut dan 5,2 persen responden tak menjawab pertanyaan tersebut.

Charta Politika melakukan survei tersebut pada tanggal 6 hingga 13 September 2022 di seluruh kelurahan atau desa. Metode wawancara dilakukan dengan tatap muka dan metode sampling dengan jumlah sampel 1.229 dengan margin of eror 2,82 persen.

Responden yang dilakukan survei minimal berusia 17 tahun atau sudah memenuhi syarat pemilihan. [ded]

Baca juga:
Survei Charta: Kepercayaan Publik ke Polri Turun Drastis hingga 55%
Survei Charta Politika: Mayoritas Publik Tolak Pasangan Prabowo-Jokowi di Pilpres
Survei Charta Politika: 69 Persen Responden Tidak Setuju Kenaikan Harga BBM
Survei Cawapres: Ridwan Kamil Unggul di Jabar, Sandiaga di Jateng, Khofifah di Jatim
Charta Politika soal Pilgub Jateng: Elektabilitas Gibran Tertinggi

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini

Opini