Cerita Prajurit TNI Selamatkan Balita dan Polisi saat Kerusuhan Kanjuruhan

Kamis, 6 Oktober 2022 10:06 Reporter : Nur Habibie
Cerita Prajurit TNI Selamatkan Balita dan Polisi saat Kerusuhan Kanjuruhan Prajurit TNI AD Selamatkan Personel Polri dan Balita saat Tragedi Kanjuruhan. ©2022 Merdeka.com

Merdeka.com - Kerusuhan di Stadion Kanjuruhan, Kabupaten Malang, Jawa Timur, pada Sabtu (1/10) lalu, menjadi duka yang mendalam bagi seluruh masyarakat Indonesia. Ratusan orang meninggal dunia dan luka-luka pada malam itu.

Saat puncak kerusuhan, terselip kisah kisah heroik prajurit TNI AD yang menyelamatkan suporter, mulai dari balita sampai dewasa. Bahkan, prajurit TNI menyelamatkan personel kepolisian.

Danyonzipur 5/ABW, Mayor Czi Arief Rochman Hakim menceritakan, dia mendapat informasi dari Kapolres Kepanjen pada pukul 01.15 WIB bahwa ada salah satu polisi bersembunyi di Rumah Sakit Wava Husada usai dikepung suporter.

"(Kapolres Kepanjen) meminta bantuan untuk mengevakuasi personel Polri tersebut," ucap Mayor Czi Arief Rochman, Kamis (6/10).

Berbekal foto yang dikirimkan personel Polri tersebut, Prajurit TNI yang dipimpin Mayor Czi Arief Rochman Hakim berhasil menemukan tempat persembunyiannya.

"Saat kita temukan, kondisinya penuh dengan kecemasan. Untuk mengantisipasi hal-hal yang tidak kita inginkan dan memberikan keyakinan kepada personel Polri tersebut, kita mengganti pakaian yang digunakannya dengan seragam loreng dan masker," jelasnya.

Personel polisi tersebut kemudian dibawa ke Mapolres Kepanjen dan mendapatkan bantuan lebih lanjut.

2 dari 2 halaman

Selamatkan Balita

Di tempat terpisah, personel Kodim 0818/ Malang Sertu Kristian Sihumbing menyelamatkan balita dari kerusuhan di Stadion Kanjuruhan. Balita tersebut dievakuasi ke Rumah Sakit Kanjuruhan untuk mendapatkan pertolongan medis.

"Saya langsung membawa anak balita ini ke rumah sakit terdekat (Kanjuruhan). Dengan harapan bisa segera ditangani secara medis dan dapat diselamatkan," ungkap Kristian.

Kristian berharap, gerak cepat yang dilakukan prajurit TNI AD ini dapat menyelamatkan dan mencegah jatuhnya korban jiwa yang lebih banyak lagi.

"Semoga mereka yang berhasil kita evakuasi dan mendapatkan perawatan medis, dapat diberikan kesehatan serta kesembuhan," tutupnya. [tin]

Baca juga:
Reaksi Jokowi Lihat Langsung Pintu Maut 12 Stadion Kanjuruhan
Pengakuan Aremania Soal Personel Brimob Tolak Menolong Suporter Wanita
Usut Unsur Pidana Tragedi Kanjuruhan, Polri Tengah Periksa 35 Saksi
Erick Thohir dan FIFA Bahas Tragedi Kanjuruhan dan Perbaikan Sepak Bola Indonesia
Tragedi Kanjuruhan Disorot Dunia, Haedar Nashir Minta Hasil Investigasi Transparan
Hasil Investigasi Komnas HAM atas Tragedi Kanjuruhan

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini

Opini