Cerita pembuatan macan Siliwangi pengganti maung lucu Cisewu

Senin, 20 Maret 2017 13:33 Reporter : Bram Salam
Bupati Dedi dan macan Cisewu. ©2017 merdeka.com/bram salam

Merdeka.com - Belakangan masyarakat dihebohkan kemunculan patung macan lucu di Markas Komando Rayon Militer Kecamatan Cisewu, Kabupaten Garut yang sempat menjadi viral di media sosial. Meski telah diganti, popularitas macan lucu itu tetap ramai jadi perbincangan.

Kemudian pada Minggu 19 Maret 2017 kemarin, Bupati Purwakarta Dedi Mulyadi mengantarkan harimau gagah ke kantor Koramil Cisewu. Ia meminta harimau yang tadinya unyu itu diganti.

Lalu siapa pembuat patung harimau untuk menggantikan harimau unyu di Cisewu itu. Namanya adalah Suherman, pria asal Bandung, Jawa Barat.

Dia membuat patung harimau gagah itu dengan berbagai alasan. Setelah ia diminta secara langsung oleh Bupati Dedi untuk membuatnya.

"Untuk maung ini, bahannya terbuat dari resin. Ukurannya empat meter, berat 300 Kilogram," kata Suherman saat dihubungi, Senin (20/3).

Patung itu sengaja dibuat dalam ukuran besar. Dikisahkan Suherman memang memiliki tujuan dan tidak semata membuatnya asal-asalan.

"Ya saya sengaja membuat ukuran besar supaya terlihat lebih monumental dan luar biasa," katanya.

Proses pembuatan harimau Siliwangi dari Sancang tersebut membutuhkan waktu cukup lama pascapemesanan. "Kurang lebih sebulan untuk pembuatan harimau gagah itu," terang Suherman.

Saat ini harimau buatan Suherman tersebut telah berada di kantor Komando Rayon Militer Kecamatan Cisewu. Meski belum dipasang tetapi proyek pengerjaan sedang dilakukan untuk membuat dudukannya. [gil]

Topik berita Terkait:
  1. TNI
  2. TNI AD
  3. Purwakarta
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini

Subscribe and Follow

Temukan berita terbaru merdeka.com di email dan akun sosial Anda.