Cerita pejabat Indonesia kagum perkembangan negara lain saat ke luar negeri

Kamis, 13 September 2018 06:10 Reporter : Fellyanda Suci Agiesta
Cerita pejabat Indonesia kagum perkembangan negara lain saat ke luar negeri Jokowi di Korea Selatan. ©Setpres RI/Intan

Merdeka.com - Kunjungan kerja ke luar negeri biasa dilakukan oleh para pejabat Indonesia. Mereka kagum dengan beberapa kemajuan di negara tersebut, seperti soal teknologi dan tata kelola wilayahnya. Nantinya, kemajuan ini akan dicontoh di Indonesia.

Berikut beberapa pejabat negara yang kagum dengan suasana dan kondisi di luar negeri:

1 dari 3 halaman

Presiden Joko Widodo

Joko Widodo. ©2014 merdeka.com/muhammad luthfi rahman

Presiden Jokowi dan Ibu Iriana berkunjung ke Korea Selatan, sebagai kunjungan balasan Presiden Korea Selatan Moon Jae-In ke Indonesia pada tahun 2017 lalu. Selama di Korsel, Jokowi dan Ibu Negara menyempatkan waktu olahraga jalan kaki menuju Sungai Cheonggyecheon, Seoul.

Jokowi ditemani Walikota Park Won-soon menyusuri sungai yang jernih yang membelah ibu kota Korea Selatan ini. Ia kagum dengan langkah pemerintah Kota Seoul yang bisa membuat sungai sebersih ini di dalam kota.

"Saya kira ini sebuah tontonan yang bisa menjadi tuntutan kita bisa mengerjakan menggarap sungai yang ada di Jakarta. Kalau kita mau bisa," kata Jokowi.

2 dari 3 halaman

Gubernur DKI Anies Baswedan

Anies Baswedan di Tokyo. ©2018 Instagram @aniesbaswedan

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan pernah melakukan kunjungan ke Tokyo Jepang. Di sana, Anies mengunjungi Tokyo Skytree, menara tertinggi di dunia dengan ketinggian 634 meter.

Dalam kunjungannya ke tempat itu, Anies mendapat presentasi mengenai teknologi anti gempa. Caranya memadukan kearifan lokal dan teknologi modern.

"Desain teknologi anti gempa Tokyo Skytree terinspirasi dari desain Pagoda Horyuji yang berusia 1.400 tahun lebih. Teknologi itu dirancang untuk mengurangi dampak gempa hingga 50%. Dari mereka kita belajar tentang memadukan kearifan lokal yang didapat dari akumulasi pengalaman selama ratusan tahun, dengan teknologi modern yang didapat dari pemahaman dan aplikasi sains. Keduanya berpadu menghasilkan kemajuan bagi peradaban dan kebermanfaatan bagi rakyat banyak," tulis Anies dalam akun Instagramnya.

3 dari 3 halaman

Sandiaga Uno

Sandiaga Uno. ©2018 Merdeka.com

Saat menjabat sebagai Wakil Gubernur DKI Jakarta, Sandiaga Uno sempat berkunjung ke Jepang. Ia kagum dengan cara mengelola limbah, sungai dan listrik di Negari Sakura itu. Termasuk tempat pembuangan limbah di Jepang yang selalu bersih dan tak mengeluarkan bau.

"Saat ini Jepang telah mengembangkan teknologi untuk mengolah limbah buangan dari rumah tangga seperti septik tank," kata Sandi. [has]

Baca juga:
Indonesia-Korsel tanda tangani 15 nota kesepahaman bisnis
RI-Korea Selatan rombak 10.000 desa di Indonesia
Indonesia dan Korsel kerja sama sukseskan penerapan industri 4.0
Tak hanya Emil, Anies akan buat Ciliwung sekeren sungai di Seoul
Pidato di Seoul, Jokowi sebut Obama keren tapi belum pernah atraksi naik motor

Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini