Cerita Megawati Kerap Dicap Komunis dan Pernah Dilitsus Tentara

Jumat, 11 Juni 2021 16:21 Reporter : Muhammad Genantan Saputra
Cerita Megawati Kerap Dicap Komunis dan Pernah Dilitsus Tentara Megawati sandang gelar profesor kehormatan dari Universitas Pertahanan RI. ©2021 Merdeka.com

Merdeka.com - Ketum PDI Perjuangan (PDIP) Megawati Soekarnoputri bercerita dirinya kerap di cap sebagai komunis. Awalnya, Megawati bercerita kala dirinya diundang Presiden China Xi Jinping saat ulang tahun partai komunis China.

"Saya diundang sama Presiden Xi Jinping ulang tahun partai komunisnya untuk memberikan sambutan, itu partai komunis RRC kalau nanti saya bilang gini 'nah betul enggak Bu Mega itu kan komunis'," ujar Megawati saat orasi ilmiah usai diberikan gelar profesor kehormatan di Unhan RI, Jumat (11/6).

Megawati mengungkapkan, dirinya kerap dianggap sebagai komunis. Cap komunis itu, kata dia, sudah di stempel kepada sejak jadi anggota DPR.

"Saya kan selalu dibilang begitu kan, sampai waktu saya jadi anggota DPR saja sudah di stempel itu," ujar Presiden RI kelima ini.

Megawati kemudian bercerita ketika dirinya dilakukan penelitian khusus (litsus) saat masa orde baru. Namun, ternyata dirinya bukanlah komunis.

"Jadi saya bilang yang komunis itu yang waktu itu, saya di litsus. Jadi saya bilang yang komunis itu yang litsus itu, tentara loh, ada Kolonel sama tiga Mayor, kalau saya enggak salah, kok saya lolos. Kan membingungkan kan kalau mengatakan saya komunis saya komunis," pungkasnya. [eko]

Topik berita Terkait:
  1. tag
  2. Megawati Soekarnoputri
  3. PDIP
  4. Jakarta
Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini