Cerita Kapolri siapkan satu speaker dan naik panggung saat aksi 212

Senin, 5 Desember 2016 14:24 Reporter : Raynaldo Ghiffari Lubabah
Cerita Kapolri siapkan satu speaker dan naik panggung saat aksi 212 Aksi Damai 212. ©2016 merdeka.com/imam buhori

Merdeka.com - Saat demonstrasi 2 Desember kemarin, Polri bersama Gerakan Nasional Pengawal Fatwa MUI menyiapkan speaker atau pengeras suara khusus dan dipusatkan di panggung utama yang terletak di Lapangan Monas.

Kapolri Jenderal Tito Karnavian menuturkan, speaker adalah magnet utama bagi demonstran atau peserta aksi. Sehingga, speaker dipusatkan pada panggung utama untuk menghindari provokator yang berpotensi memanaskan situasi dan membuat kericuhan.

"Sehingga magnet utama dari pengendalian massa itu adalah speaker, kami yang siapkan speaker sehingga tidak terlalu banyak yang orasi menggunakan mobil, dan itu berbahaya sekali. Jadi cukup satu saja suara," kata Tito dalam rapat kerja bersama Komisi III di Komplek Parlemen, Senayan, Jakarta, Senin (5/12).

Magnet kedua yang dapat menarik perhatian peserta aksi adalah panggung. Oleh sebab itu, Polri harus berada di atas panggung untuk memastikan aksi berjalan damai dan tertib sesuai kesepakatan.

"Ini adalah komando untuk semua. Nah, oleh karena itu kami hadir di sana. Bukan ingin populer, tapi ingin mengendalikan mereka yang sudah berkomitmen dengan kami," jelasnya.

Mantan Kapolda Metro Jaya ini menambahkan kehadirannya bersama jajaran Polri di atas panggung karena permintaan pihak GNPF MUI selaku panitia aksi super damai itu. Tujuannya adalah agar mempermudah dialog kedua belah pihak soal situasi dan dinamika aksi.

"Tapi intinya kita semua paham, semua menyaksikan, semua lancar, dan kehadiran saya di situ atas permintaan mereka supaya ada kepolisian ada di situ. Dan tujuan kami satu, supaya ada komunikasi," ucapnya. [noe]

Komentar Pembaca

Merdeka.com sangat menghargai pendapat Anda. Bijaksana dan etislah dalam menyampaikan opini. Pendapat sepenuhnya tanggung jawab Anda sesuai UU ITE.

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini