Cerita haru Kopassus rangkul semua bekas musuhnya

Kamis, 30 April 2015 05:48 Reporter : Yulistyo Pratomo
Cerita haru Kopassus rangkul semua bekas musuhnya HUT ke-63 Kopassus. ©2015 merdeka.com/muhammad luthfi rahman

Merdeka.com - Meski pernah bermusuhan hingga terlibat baku tembak di medan pertempuran, menyambut hari jadinya yang ke-63 Komando Pasukan Khusus (Kopassus) ingin membuat paradigma baru. Pasukan elite di bawah kepemimpinan Mayjen Doni Monardo ini ingin merangkul bekas musuh mereka dan menghapus benih kebencian.

Alhasil, pemandangan berbeda terlihat dalam syukuran hari jadinya di Mako Kopassus, Cijantung, Jakarta Timur. Tokoh-tokoh perlawanan seperti Gerakan Aceh Merdeka, Organisasi Papua Merdeka maupun bekas anggota sayap militer Fretilin menyatakan hadir dalam acara tersebut.

Pemandangan ini sangat menarik, mereka ditempatkan di tengah tokoh-tokoh nasional, purnawirawan Kopassus maupun masyarakat umum lainnya. Mereka dianggap sejajar dengan para tamu undangan, meski pernah bermusuhan.

"Dalam peringatan HUT pada 29 April Kopassus mengundang beberapa tokoh penting dari berbagai pihak yang di masa lalu 'berhadapan' dengan Kopassus. Rencananya tokoh-tokoh mantan OPM Papua, dari Timor Leste ada eks Falintil, Pasukan Clandestein, mahasiswa Timtim yang ada di Indonesia," ujar pengamat militer Susaningtyas Kertopati kepada merdeka.com, Rabu (29/4).

Wanita yang akrab disapa Nining mengatakan, Kopassus sejatinya tidak memiliki musuh. Sebab, lawan hadapi justru musuh negara.

"Bagi Kopassus tak punya musuh, musuhnya adalah musuh negara," tandasnya.

Serupa, Komandan Jenderal (Danjen) Kopassus Mayjen TNI Doni Monardo mengungkapkan, syukuran yang digelar ini bermaksud menjalin sekaligus menguatkan tali silahturahmi, tak hanya kawan tapi juga lawan. Dari atas panggung, Doni ingin merajut tali persahabatan dengan musuh mereka di medan laga.

"Acara syukuran ini dilakukan untuk menjalin dan menguatkan silaturahmi, dengan acara ini semoga Kopassus makin jaya untuk Indonesia, dengan segala loyalitasnya akan sepenuhnya menjalankan kebijakan negara," kata Doni saat memberi sambutannya, Rabu (29/4) [tyo] SELANJUTNYA

Topik berita Terkait:
  1. HUT Kopassus
  2. Kopassus
  3. Jakarta
Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini