Cerita Gus Ipul teringat masa muda saat kunjungi produsen wig

Selasa, 17 April 2018 16:20 Reporter : Fahmi Azis
Gus Ipul di pabrik wig Sidoarjo. ©2018 Merdeka.com

Merdeka.com - Banyak orang mengetahui produsen pembuatan rambut palsu (wig) di Indonesia hanya bertempat di Purbalingga, Jawa Tengah. Padahal Jawa Timur juga memiliki sentra produksi wig sendiri, yakni PT Hair Star indonesia, Sidoarjo.

Dalam safarinya kali ini, Calon Gubernur Jawa Timur Saifullah Yusuf (Gus Ipul) mengunjungi langsung perusahaan wig yang digadang-gadang sebagai satu-satunya di Jawa Timur ini, Selasa (17/4).

Ditemani Ketua Serikat Pekerja Seluruh Indonesia (SPSI) Jawa Timur Fauzi, kedatangannya Cicit KH Bisri Syansuri disambut oleh Direktur Utama Norman Sartono. Cagub nomor dua ini berkesempatan melihat langsung berbagai macam wig buatan perusahaan ini. Saking kagumnya, Gus Ipul sesekali mencoba memakai rambut palsu itu.

Gus Ipul di pabrik wig Sidoarjo 2018 Merdeka.com

"Saya jadi ingat zaman kuliah sampai sebelum nikah dulu, rambut saya pernah gondrong," kata Alumnus Universitas Nasional Jakarta Fakultas Ilmu Sosial dan Politik (FISIP) ini.

Keponakan Presiden Abdurrahman Wahid (Gus Dur) juga melihat langsung tahapan produksi, dimulai penjahitan, dibentuk sampai finishing.

Norman menyebutkan, wig buatan perusahaannya sudah menyasar pasar-pasar mancanegara. Terbanyak ke negara-negara Afrika, lalu Amerika, Eropa, Jepang hingga Singapura. "Kita produsen wig satu-satunya di Jawa Timur. Sementara Purbalingga, menjadi kompetitor kita," kata Norman.

Gus Ipul di pabrik wig Sidoarjo 2018 Merdeka.com

Norman menceritakan, perusahaannya berdiri pada tahun 1989. Di awal, ia mendapatkan bahan baku rambut itu dari pengepul-pengepul lokal di Madura dan Purbalingga. Belakangan, harga rambut asli cukup mahal, akibatnya pemerintah harus rambut sintetis asal Jepang, Korea, dan Tiongkok.

Ditanya kendala yang dihadapinya, Norman mengaku tidak ada kendala khusus yang dialaminya. Bahkan ia mengaku komponen manajemennya 70 persen padat karya dengan jumlah karyawan sekitar 3 ribu buruh.

Norman berharap kelak ketika Gus Ipul dan Puti Guntur Soekarno terpilih, keduanya dapat menciptakan iklim dan suasana bisnis yang kondusif di Jawa Timur. Terutama dalam menjembatani aspirasi pengusaha dengan para buruh.

Gus Ipul di pabrik wig Sidoarjo 2018 Merdeka.com

Menanggapi hal itu, Gus Ipul berkomitmen untuk menjaga perusahaan. Terlebih, sudah mampu berkontribusi dalam mendorong ekspor di Indonesia, khususnya Jawa Timur. Ke depan, Gus Ipul berkomitmen untuk menggaet investasi dari luar yang sifatnya padat karya, sehingga dapat turut mengatasi pengangguran di Jawa Timur.

"Masalah perizinan yang selama ini menjadi keluhan para pengusaha juga kami pikirkan. Bapak Presiden (Joko Widodo) tengah berupaya agar masalah perizinan ini dapat disederhanakan, sehingga dapat menarik investasi dari luar negeri," jelasnya.

Kepada Norman, Gus Ipul juga menyampaikan keinginan sekaligus program yang akan mendorong tumbuhnya UMKM di Jawa Timur yang bisa dihubungkan dengan perusahaan-perusahaan besar di Jawa Timur seperti PT Hair Star Indonesia ini. "Yang besar kita jaga. Yang tengah kita fasilitasi. Sementara UMKM yang yang kecil kita dorong," ujar Gus Ipul. [hhw]

Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini