Cerita Ganjar yang Terbantu Media Sosial Terima Kritik dan Keluhan Masyarakat

Selasa, 6 Desember 2022 02:01 Reporter : Raynaldo Ghiffari Lubabah
Cerita Ganjar yang Terbantu Media Sosial Terima Kritik dan Keluhan Masyarakat Ganjar Pranowo di Talkshow Indonesia Berkarya. ©2022 Merdeka.com

Merdeka.com - Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo membeberkan pentingnya pemanfaatan media sosial (medsos) bagi pemimpin masa kini. Hal itu disampaikannya usai menjadi narasumber dalam Talkshow Indonesia Berkarya yang diselenggarakan Google Indonesia di Hotel Park Hyatt, Jakarta.

Pertama-tama, kata Ganjar, pemanfaatan medsos sangat penting untuk menjangkau lebih banyak masyarakat. Menurut Ganjar, medsos merupakan ruang komunikasi yang efektif antara pemerintah dan rakyatnya.

"Maka sebenarnya ketika masyarakat sudah bermigrasi ke dunia digital, ruang itu menjadi meeting point untuk kita bisa chit-chat, sehingga segala informasi bisa tersampaikan dengan baik," kata Ganjar di lokasi, Senin (5/12).

Sebab itu, kata Ganjar, pemimpin masa kini bisa mengetahui kritik, keluhan, dan sebagainya melalui medsos. Ganjar mengatakan, masyarakat dapat lebih terbuka menyampaikan itu di medsos.

"Saya merasa terbantu dan kemudian publik bisa komplain lebih gampang dan kemudian birokrasi mengubah mindset, sehingga mereka (pemerintah) akan bisa melayani dengan cara yang lebih bagus," kata Ganjar.

Dengan semakin efektifnya pelayanan publik lewat medos, Ganjar menyebut pemimpin masa kini dapat merespons masyarakat secara cepat. Ganjar pun memiliki target tersendiri untuk merespons itu.

"Kalau saya, saya targetkan. Begitu ada komplain, maksimum 1x24 jam harus ada respons. Berubah itu cara berpikir mereka dalam pelayanan publik," kata Ganjar.

2 dari 2 halaman

Ganjar mengatakan medsos juga bisa dimanfaatkan pemimpin masa kini untuk membantu rakyat sampai ke tingkat mikro. Ganjar pun mewujudkan hal tersebut melalui program Lapak Ganjar.

Melalui Lapak Ganjar, mantan anggota DPR RI itu mempromosikan barang atau jasa pelaku UMKM di medsos pribadinya. Dengan begitu, UMKM semakin berkembang dan penghasilannya juga turut bertambah.

"Maka itu (Lapak Ganjar) sebenarnya ekstrakulikuler saya ketika kemudian mereka harus dicarikan cara baru, diberikan ruang baru, agar mereka kemudian bisa masuk ke ranah baru, yaitu dunia digital," katanya.

Seperti diketahui, Ganjar dikenal sebagai pemimpin yang bergaya milenial karena kerap memanfaatkan Instagram, YouTube, hingga Twitter sebagai media komunikasi ke masyarakat. Ganjar juga kerap menyampaikan infomasi atau kebijakan pemerintah dengan bahasa dan cara yang sederhana.

Baca juga:
CEK FAKTA: Hoaks Foto Megawati Mendukung Ganjar di Pilres 2024
Ganjar Pranowo Ikut Trail Run di Gunung Lawu, Begini Tanggapannya
Ganjar: Trek Lawu, Sport Tourism Bagi Penyuka Lari dan Naik Gunung
SMRC: KIB Potensial Usung Ganjar Capres 2024

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini

Opini