CEPI Tunjuk Bio Produksi Vaksin Covid-19

Minggu, 18 Oktober 2020 12:03 Reporter : Supriatin
CEPI Tunjuk Bio Produksi Vaksin Covid-19 Jokowi di Bio Farma. ©2020 Foto: Biro Pers, Media dan Informasi Sekretariat Presiden

Merdeka.com - Coalition for Epidemic Preparedness Innovations (CEPI) menunjuk perusahaan farmasi miliki BUMN, Bio Farma, sebagai salah satu perusahaan untuk memproduksi vaksin Covid-19. Penunjukan ini berdasarkan hasil due diligence atau uji kelayakan pada 15 September 2020.

Direktur Utama Bio Farma, Honesti Basyir, mengatakan ada sejumlah aspek yang dinilai dalam uji kelayakan. Di antaranya, aspek sistem produksi vaksin dan mutunya, sistem analitik laboratorium dan sistem teknologi informasi yang digunakan Bio Farma dalam memproduksi vaksin.

"Fasilitas Bio Farma yang akan digunakan oleh CEPI adalah untuk memproduksi vaksin Covid-19 dengan multi platform sebanyak 100 juta dosis per tahunnya," jelasnya melalui siaran pers, Minggu (18/10).

Honesti menuturkan, pengembang-pengembang vaksin Covid-19 dari seluruh dunia ada yang belum memiliki fasilitas produksi massal secara mandiri. Sementara Bio Farma dianggap sudah memenuhi syarat fasilitas produksi massal secara mandiri. Ini menjadi salah satu alasan CEPI menunjuk Bio Farma untuk memproduksi vaksin Covid-19.

Honesti menjamin penunjukan Bio Farma ini tidak akan mempengaruhi kegiatan produksi rutin yang ada di Bio Farma. Produksi vaksin dan antisera dipastikan tetap berjalan seperti biasa.

"Tentu saja kami sudah memperhitungkan aktivitas produksi kami yang rutin, setelah dilakukan perhitungan, penggunaan kapasitas produksi untuk CEPI, tidak akan mengganggu kegiatan produksi rutin di Bio Farma," ungkapnya.

Honesti berharap, kerja sama Bio Farma dengan CEPI justru memberikan dampak yang lebih besar bagi Indonesia. Misalnya, ke depan, kolaborasi Bio Farma dengan CEPI tidak sebatas memproduksi vaksin Covid-19 saja, melainkan pengembangan vaksin pandemi lainnya melalui berbagai teknologi terkini.

"Diharapkan Bio Farma bisa mendapatkan akses terhadap berbagai teknologi pembuatan vaksin, sehingga akan memperkuat kemandirian vaksin secara nasional," ujarnya. [lia]

Ingat #PesanIbu

Jangan lupa Selalu Mencuci Tangan, Memakai Masker dan Menjaga Jarak Mari Bersama Cegah Penyebaran Virus Corona

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini