Cek Lisensi Aplikasi Pinjol, Menkominfo Komunikasi dengan Google dan Apple

Selasa, 19 Oktober 2021 19:31 Reporter : Intan Umbari Prihatin
Cek Lisensi Aplikasi Pinjol, Menkominfo Komunikasi dengan Google dan Apple Menkominfo rapat dengan Komisi I DPR. ©Liputan6.com/Angga Yuniar

Merdeka.com - Menkominfo, Johnny G Plate mengatakan, telah berkomunikasi dengan sejumlah platform digital dan meminta agar mendapat lisensi dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Hal tersebut untuk mencegah adanya pinjaman online ilegal yang ada di Indonesia.

"Kominfo telah berkomunikasi dengan Google dan Apple agar pendaftaran penyelenggara sistem elektronik di PlayStore dan AppStore harus disertai dengan bukti lisensi yang diterbitkan OJK atas fintech yang bersangkutan," katanya usai mengikuti rapat terbatas bersama Menko Polhukam Mahfud MD disiarkan pada saluran Youtube Kementerian Polhukam, Selasa(19/20). '

Dia berharap dengan adanya kerja sama tersebut dapat menguatkan keuangan nasional. Serta terjalin komunikasi untuk mencegah adanya pinjol ilegal.

"Secara bersama-sama kita tegas memberantas industri keuangan ilegal termasuk pinjol ilegal di Indonesia," ujar Johnny.

Sebelumnya, Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum dan Keamanan (Menko Polhukam), Mahfud MD meminta kepada korban agar tidak perlu membayar utang kepada para penyedia pinjaman online ilegal.

Hal tersebut disampaikan Mahfud MD usai menggelar rapat bersama Menkominfo Jhonny G Plate, Wakil Menteri Hukum dan HAM Edward Omar Sharif Hiariej, serta Kepala OJK Wimboh Santoso.

"Kepada mereka sudah menjadi korban, jangan membayar, kalau karena tidak membayar lalu ada yang tidak menerima, lapor ke kantor polisi terdekat. Polisi akan memberikan perlindungan," katanya dalam siaran youtube Kemenko Polhukam, Selasa(19/10).

Mahfud menjelaskan, pihaknya akan melakukan tindakan tegas terhadap pinjaman online ilegal. Sebab itu, dia meminta agar para pelaku segera berhenti melakukan aksi.

"Hentikan penyelenggaraan pinjol ilegal. Dengan ini kita menegaskan akan melakukan tindakan tegas terhadap pinjol ilegal,” ujarnya.

Sementara itu untuk pinjaman online yang sah, Mahfud pun memberikan lampu hijau. Dia menegaskan, kepolisian melalui Bareskrim Polri akan melakukan tindakan tegas terhadap pinjaman online ilegal.

"Dengan ini kita menegaskan kita akan melakukan tindakan tegas terhadap pinjol ilegal. Untuk pinjol-pinjol lain yang legal sudah ada izin sah itu silakan berkembang," tutupnya. [fik]

Baca juga:
Mahfud MD: Korban Pinjol Ilegal Jangan Membayar
Pengakuan Karyawan Pinjol Ilegal Edit Foto Porno Korban: Biar Malu, Biar Dia Bayar
Penting Diwaspadai, Ini Ciri-ciri Pinjaman Online Ilegal
OJK Papua-Papua Barat Terima 45 Aduan Masyarakat Soal Pinjol Ilegal
Bareskrim Polri Ungkap Alat yang Digunakan Pinjol Ilegal dalam Memblast SMS
Karyawan Pinjol Ilegal di Cengkareng Dapat Komisi 12 Persen dari Hasil Penagihan
Pinjol Ilegal di Cengkareng Jerat 5.700 Nasabah dari Media Sosial

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini