Cegah Takbir Keliling di Depok, 700 Personel Gabungan Bakal Lakukan Patroli

Rabu, 12 Mei 2021 19:10 Reporter : Nur Fauziah
Cegah Takbir Keliling di Depok, 700 Personel Gabungan Bakal Lakukan Patroli Pengamanan Ibu Kota diperketat jelang KTT ASEAN. ©2021 Merdeka.com/Imam Buhori

Merdeka.com - 700 personel gabungan dikerahkan untuk patroli malam takbiran. Petugas akan berkeliling ke sejumlah lokasi untuk memantau apakah ada yang menggelar kegiatan takbir keliling atau tidak.

Selain itu petugas juga melakukan pemantauan untuk mencegah terjadinya hal yang tidak diinginkan.

“Kita kerahkan 700 personel gabungan untuk melakukan patroli malam ini,” kata Kapolres Metro Depok Kombes Pol Imran Edwin Siregar di Depok, Rabu (12/5).

Dia menegaskan, warga Depok dilarang melakukan kegiatan takbir keliling. Petugas akan patroli untuk melakukan pengamanan wilayah. Jika ditemukan ada yang nekat maka akan dilakukan pembubaran.

“Sesuai dengan aturan pemerintah bahwa kita melarang untuk kegiatan takbir keliling. Kalaupun kita temukan takbir keliling, kita melakukan tindakan persuasif, kita imbau untuk tidak konvoi,” ujarnya.

Imran menambahkan, petugas akan berkeliling secara acak untuk melakukan pemantauan. Pihaknya juga sudah melakukan pemetaan terhadap wilayah yang termasuk dalam kategori rawan.

“Jadi sebelum terjadi kita sudah lakukan pencegahan di jam rawan. Sebelumnya kita masuk untuk melakukan pencegahan,” ungkapnya.

Dia mengimbau agar warga Depok mematuhi aturan yang berlaku. Mulai dari tidak melakukan takbir keliling, pelaksanaan salat Idul Fitri hanya 30 persen saja.

“Intinya Polres Depok mengimbau untuk masyarakat agar mengikuti aturan pemerintah yang sudah disampaikan bahwa takbir keliling dilarang, Salat Id dibatasi dengan jumlah 30 persen. Tujuannya untuk memutus tali rantai Covid-19. Mohon supaya masyarakat menyadari ini,” tegasnya.

Imran menuturkan seluruh personel dibagi sesuai titik untuk melakukan pengamanan di malam takbiran, Salat Idulfitri dan Isa Al Masih. Pengamanan dilakukan sejak malam ini hingga besok. Pembagian pasukan dalam rangka pengamanan sudah diatur.

“Besok ada dua perayaan hari besar pengamanan besok dilakukan ada yang di dalam gereja dan mobile,” tutupnya. [fik]

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini