Cegah Penyebaran Covid-19, Perempuan & Anak Diimbau Hindari Pertemuan Keluarga Besar

Kamis, 24 September 2020 12:53 Reporter : Intan Umbari Prihatin
Cegah Penyebaran Covid-19, Perempuan & Anak Diimbau Hindari Pertemuan Keluarga Besar Menteri PPPA Raker dengan komisi VIII DPR. ©2019 Liputan6.com/Johan Tallo

Merdeka.com - Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPPA) I Gusti Ayu Bintang Puspayoga mengimbau untuk keluarga khususnya perempuan dan anak-anak untuk menghindari pertemuan langsung dengan keluarga besar di masa pandemi Covid-19. Hal tersebut sebagai cara melindungi sesama agar tidak terpapar Covid-19.

"Kepada keluarga di seluruh Indonesia, para perempuan dan anak, kami sarankan di masa pandemi ini untuk mengurangi atau menghindari pertemuan-pertemuan kepada keluarga besar secara offline," katanya saat siaran telekonference di Kantor Kepresidenan, Jakarta Pusat, Kamis (24/9).

Sebab itu, dia juga berharap, para keluarga untuk meminimalisir pertemuan dengan menggunakan daring. Seperti perhelatan ulang tahun, dia imbau agar dilakukan tanpa bertatap muka.

"Kami imbau, hindari secara offline, tapi bisa dilakukan secara daring," ungkapnya.

Gusti Ayu menjelaskan, kunci untuk menghindari paparan Covid-19 yaitu disiplin protokol kesehatan. Bukan hanya saat di luar rumah, tetapi di dalam rumah.

"Pada kesempatan ini, terutamanya perempuan sebagai manajer rumah tangga selalu harus mengingatkan keluarganya walaupun di dalam rumah, kami sarankan untuk tetap memakai masker. Apalagi di dalam keluarga ada kelompok rentan seperti balita dan lansia," terangnya.

Tidak hanya itu, dia juga meminta ketika bepergian keluar rumah diwajibkan untuk mandi terlebih dahulu. Setelah itu berinteraksi dengan anggota keluarga.

"Ketika ayah atau ibu bekerja di luar rumah. Ini hal penting yang harus diperhatikan saat masuk rumah saya sarankan bersih2 badan, barulah berinteraksi dengan keluarga," tutupnya. [fik]

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini