Cegah pengikut tambah besar, Menag dorong terbitkan Perppu soal ISIS

Senin, 30 Maret 2015 16:58 Reporter : Siti Nur Azzura
Cegah pengikut tambah besar, Menag dorong terbitkan Perppu soal ISIS Lukman Hakim Saifuddin. ©2015 merdeka.com/muhammad luthfi rahman

Merdeka.com - Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin menilai paham kelompok Negara Islam Irak dan Suriah (ISIS) semakin berkembang di Indonesia. Sementara itu, peraturan perundang-undangan terkait sanksi larangan pengikut ISIS masih di perdebatkan oleh berbagai kalangan.

Oleh karena itu, Lukman berencana akan menemui Menteri Koordinator Politik, Hukum dan Keamanan Tedjo Edhy Purdjiatno untuk membahas Perppu penindakan kelompok yang mendeklarasikan diri mendukung ISIS. Hal ini dilakukan untuk mengantisipasi bergabungnya masyarakat Indonesia ke gerakan ISIS.

"Besok kami akan ada rapat koordinasi dengan Menkopolhukam besok sore untuk membicarakan Perppu ISIS," kata Lukman di Kementerian Agama, Jakarta Pusat, Senin (30/3).

Lukman menambahkan pihaknya akan mendorong terus dibuatnya Perppu ini. Hal ini dilakukan untuk mengantisipasi gerakan ISIS, juga untuk memudahkan polisi dalam memantau pergerakan masyarakat Indonesia.

"Pemerintah ingin adanya Perppu karena dinilai belum cukup punya payung hukum atas mengantisipasi bergabungnya WNI ke gerakan ISIS. Hal ini juga untuk memudahkan bagi aparat keamanan memantau pergerakan WNI," imbuhnya.

Sebelumnya, Menteri Koordinator Politik, Hukum dan Keamanan Tedjo Edhy Purdjiatno mengatakan, akan mengusulkan kepada Presiden Joko Widodo untuk membuat Perppu untuk menindak kelompok yang mendeklarasikan diri mendukung ISIS. Namun wacana itu pun membuat pro dan kontra dari berbagai kalangan.

Baca juga:
Tangkal ISIS, Menteri Agama perketat pengawasan haji dan umroh
Kepala BIN: Situs-situs ISIS harus diberi perhatian khusus

Ormas sayap PDIP siap gabung dengan NU dan Ansor perangi ISIS

Cegah aksi terorisme, TNI gelar latihan besar-besaran di Poso

Polisi Kediri beri pengarahan tentang bahaya ISIS pada pelajar

Masyarakat diminta waspadai tawaran beasiswa ke luar negeri & umroh

JK sarankan 12 WNI terduga ISIS dipulangkan dari Turki harus direhab

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini