Cegah Keluyuran, Warga Terpapar Covid-19 di Surabaya Diusulkan Diberi Tanda Khusus

Senin, 25 Mei 2020 09:49 Reporter : Iqbal Fadil
Cegah Keluyuran, Warga Terpapar Covid-19 di Surabaya Diusulkan Diberi Tanda Khusus Dokter pakai APD mirip kostum Transformer. ©2020 Merdeka.com/Arie Basuki

Merdeka.com - Wakil Ketua DPRD Surabaya AH Thony mengusulkan, warga yang terpapar virus corona di Kota Surabaya, Jawa Timur, diberi tanda khusus guna memudahkan pengawasan dan penindakan.

"Selain usulan swab massal, pemberian tanda pada setiap warga perlu dilakukan untuk memudahkan pengawasan dan penindakan Covid-19," kata Thony di Surabaya, Senin (25/5) seperti dikutip Antara.

Pemberian tanda tersebut bisa berupa gelang berwarna-warni misalnya untuk gelang hijau berarti untuk orang yang sehat, kuning bagi warga berstatus orang dalam pemantauan (ODP) dan merah untuk warga yang berstatus pasien dalam pengawasan (PDP).

"Jadi kalau ada warga yang keluyuran biar ketahuan terpapar Covid-19 atau tidak," ujarnya.

Menurut dia, untuk warga yang memakai gelang hijau, lanjut dia, boleh keluar dan bekerja supaya roda ekonomi tetap jalan. Sedangkan untuk warga yang memakai gelang kuning harus melakukan isolasi mandiri di rumah dengan menerima haknya dari Pemkot Surabaya dengan mendapat bantuan makanan, vitamin, suplemen makanan dan lainnya.

Begitu juga untuk warga yang memakai gelang merah, lanjut dia, tentunya harus menjalani perawatan di rumah sakit dan mendapatkan penanganan kuratif sesuai tingkat kegawatan.

Selain itu, lanjut dia, perlu adanya ruang isolasi massal di setiap kampung di Kota Surabaya dengan mendapat pengawasan dan kontrol dari Puskesmas setempat.

Tidak hanya itu, politikus Partai Gerindra ini menyarankan perlu adanya edukasi protokoler pemakaman jenazah di tiap kelurahan dengan metode pemakaman yang aman.

Baca Selanjutnya: Data Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota...

Halaman

Topik berita Terkait:
  1. tag
  2. Covid 19
  3. Virus Corona
  4. Surabaya
Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini