Cegah bencana alam, JK minta kelestarian hutan dijaga

Rabu, 7 Maret 2018 12:58 Reporter : Intan Umbari Prihatin
Cegah bencana alam, JK minta kelestarian hutan dijaga JK dan Menlu silaturahmi ke MUI. ©2018 Merdeka.com/Imam Buhori

Merdeka.com - Wakil Presiden Jusuf Kalla (JK) menghadiri seminar dan lokakarya Nasional dengan tema 'Membangun masyarakat tangguh bencana secara inklusif dan berkelanjutan' di Hotel Millennium, Jakarta, Rabu (7/3). Dalam sambutannya, JK memberikan informasi kepada masyarakat untuk mengetahui bagaimana cara menanggulangi bencana.

"Ini pembelajaran kita semua bahwa masyarakat harus dibudayakan agar diberikan mitigasi bagaimana memahami apabila bencana tersebut terjadi," kata JK.

JK menjelaskan saat ini di Indonesia tidak memiliki banyak resapan air. Oleh karena itu, untuk mengurangi bencana banjir yaitu dengan cara menambah resapan air. Salah satunya yaitu menjaga hutan agar tidak gundul dan menanam pohon lebih banyak.

"Nah apa yang tadi disampaikan atas pembelajaran ialah dengan di mana intinya ada di hutan dan tanaman," kata JK.

Kemudian, tidak hanya JK yang memberikan wejangan agar masyarakat bisa menanggulangi bencana alam. Palang Merah Indonesia (PMi) juga mengajak masyarakat untuk sadar dengan adanya bencana alam salah satunya banjir.

Ketua Bidang Penanggulangan Bencana PMI H Sumarsono mengatakan acara ini merupakan salah satu upaya PMI mengajak semua sektor untuk bekerjasama dan berbagi pengalaman tentang siap siaga banjir.

"Menyikapi ancaman serta persoalan banjir yang terjadi bukan hanya permasalahan Hulu ke hilir. Tetapi, masalah banjir merupakan masalah bersama. Di sini, dibutuhkan kerja sama dan koordinasi lintas sektoral, semua pihak bisa berperan Dan terlibat aktif. Baik swasta, masyarakat, media maupun Pemerintah." Jelas Sumarsono.

Dalam seminar tersebut juga dihadiri beberapa perwakilan lembaga yaitu Kementerian Dalam Negeri, Kementerian Desa, Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan, BNPB, serta perwakilan PMI dari 34 Provinsi, serta organisasi lain yang bergerak di bidang kesiapsiagaan bencana. [rzk]

Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini