Cegah Banjir, PT KIEC dan Masyarakat Gotong Royong Bersihkan Saluran Air

Selasa, 25 Februari 2020 12:43 Reporter : Hery H Winarno
Cegah Banjir, PT KIEC dan Masyarakat Gotong Royong Bersihkan Saluran Air materi KIEC. ©2020 Merdeka.com

Merdeka.com - Musim penghujan masih melanda daerah Cilegon dan sekitarnya. Sejumlah langkah dilakukan baik oleh pemerintah kota, masyarakat maupun perusahaan industri untuk mengantisipasi terjadinya banjir. Salah satunya dengan mengadakan kegiatan pembersihan saluran air di Kelurahan Tegalratu, Kecamatan Ciwandan, Kota Cilegon, Jumat (10/1/2020).

Kegiatan ini melibatkan Koramil 2307 Ciwandan, Polsek Ciwandan, masyarakat Tegalratu dan PT Krakatau Industrial Estate Cilegon (PT KIEC) selaku perwakilan industri yang memiliki kepedulian terhadap lingkungan.

Pembersihan saluran air bertujuan untuk melancarkan saluran air yang tersumbat agar ketika curah hujan tinggi saluran air dapat berfungsi dengan baik sehingga dapat mencegah terjadinya banjir. Pada kegiatan tersebut anggota Koramil, anggota Polsek, masyarakat dan karyawan PT KIEC bersama-sama membersihkan sampah yang menyumbat saluran air.

Menurut Fathullah selaku CSR Community Development Senior Officer PT KIEC kegiatan ini merupakan salah satu peran aktif PT KIEC dalam mengatasi masalah lingkungan. Menurutnya kegiatan ini akan sangat bermanfaat bagi masyarakat dan lingkungan mengingat seringnya hujan melanda daerah Cilegon dan sekitarnya beberapa hari ke belakang.

"Ini merupakan langkah yang baik dalam mencegah dan menanggulangi banjir di Kelurahan Tegalratu. Kami selaku perusahaan merasa senang dapat terlibat langsung dalam kegiatan yang baik ini," ungkapnya.

Fathullah menambahkan setelah kegiatan ini diharapkan masyarakat sekitar dapat tetap menjaga kebersihan saluran air dan mengimbau kepada masyarakat untuk tidak lagi membuang sampah rumah tangga ke saluran air.

Menurutnya, permasalahan banjir merupakan tanggung jawab kita bersama, tidak hanya pemerintah dan aparat tapi juga merupakan tanggung jawab perusahaan dan masyarakat sekitar. Keterlibatan aktif dan kesadaran masyarakat dalam menjaga lingkungan tempat tinggal merupakan hal penting dalam upaya mencegah terjadinya bencana banjir di lingkungan masyarakat. [hhw]

Topik berita Terkait:
  1. tag
  2. Krakatau Steel
  3. Banjir
  4. Cilegon
Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini