Catatan Kompolnas Terkait Kinerja Polri, Amankan KTT G20 hingga Penanganan Teroris

Jumat, 2 Desember 2022 20:38 Reporter : Merdeka
Catatan Kompolnas Terkait Kinerja Polri, Amankan KTT G20 hingga Penanganan Teroris Anggota Kompolnas Poengky Indarti. ©2021 Merdeka.com

Merdeka.com - Komisi Kepolisian Nasional (Kompolnas) memberikan catatan terkait kinerja Polri dalam menjaga keamanan nasional selama tahun 2022. Komisioner Kompolnas Poengky Indarti mengatakan, kondisi tahun 2022 cenderung kondusif dan lebih baik daripada tahun sebelumnya.

Menurut Poengky, hal tersebut tercermin dari penyelenggaraan KTT G20 di Bali akhir November lalu, berjalan lancar dan tanpa ada gangguan yang berarti.

"Ada event internasional KTT G20 telah berlangsung aman, lancar dan sukses," kata Poengky, Jumat (2/12). Dikutip dari Antara.

Poengky melanjutkan, tahun ini juga aman dari ancaman terorisme, kelompok radikal dan konflik sosial. Dia mendasarkan pernyataannya tersebut dari kelompok teroris Poso yang berhasil diatasi.

"Teroris di Poso juga sudah berhasil ditaklukkan dengan meninggalnya Askar, anggota MIT terakhir akibat baku tembak," lanjutnya.

Meski demikian, dia mengakui masih ada kelompok kriminal bersenjata (KKB) di Papua dan Papua Barat yang mengancam keamanan.

Menurutnya, gangguan keamanan yang masih banyak terjadi sepanjang 2022 didominasi kejahatan jalanan, khususnya di kota-kota besar. "Masih ada kejahatan-kejahatan seperti pembegalan, pencopetan dan curanmor (pencurian kendaraan bermotor)," ujarnya.

Poengky berpendapat, kepolisian tidak bisa bekerja sendiri dalam menanggulangi kejahatan jalanan tersebut. Kompolnas pun mendorong sinergi Polri dengan stakeholder terkait.

"Hal tersebut membutuhkan upaya bersama antara kepolisian, pemerintah daerah, swasta dan masyarakat dalam bersama-sama menjaga harkamtibmas (pemeliharaan keamanan dan ketertiban masyarakat)," tuturnya.

Kemudian, menggiatkan patroli rutin, siskamling warga, dan pemasangan CCTV serta lampu-lampu penerangan jalan. "Langkah-langkah ini diharapkan dapat mencegah kejahatan jalanan," tutup Poengky. [cob]

Baca juga:
Baznas Dukung Polisi Usut Tuntas Penyelewengan Dana Zakat
Polisi Bakal Bongkar Gurita Tambang Ilegal Keluarga Ismail Bolong
Yudo Pamer Foto Bareng Istri yang Polisi: Sinergitas TNI-Polri Tak Perlu Diragukan
Viral Video Polisi di Tana Toraja Minta Polri Dibersihkan, Ini Kata Polda Sulsel
Kapolri: Ismail Bolong Masih Diburu
Polri Ungkap Hasil Pemeriksaan Istri dan Anak Ismail Bolong

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini

Opini