Cari AirAsia, China siap kirim kapal dan pesawat buat bantu RI

Senin, 29 Desember 2014 14:41 Reporter : Mardani
Cari AirAsia, China siap kirim kapal dan pesawat buat bantu RI Basarnas cari AirAsia. ©2014 merdeka.com/imam buhori

Kami menawarkan bantuan berupa kapal dan pesawat dalam upaya pencarian dan penyelamatan atas insiden AirAsia.


- Mao Zedong

Merdeka.com - Hilangnya pesawat AirAsia QZ 8501 turut mendapat perhatian dari negara asing, salah satunya China. Negeri tirai bambu itu bahkan menawarkan bantuannya kepada Indonesia untuk mencari pesawat yang hilang sejak kemarin pagi itu.

Tawaran bantuan itu bahkan sudah disampaikan langsung kepada pemerintah Indonesia.

"Kami menawarkan bantuan berupa kapal dan pesawat dalam upaya pencarian dan penyelamatan atas insiden AirAsia," demikian pernyataan Kementerian Luar Negeri Tiongkok, di Beijing, Senin (29/12).

Tak cuma itu, negeri Mao Zedong itu juga menawarkan bantuan dalam bentuk lain. Bantuan dalam bentuk lain itu disesuaikan sesuai kebutuhan Indonesia.

"Pihak Tiongkok telah mengatakan kepada Indonesia bersedia untuk segera mengirim pesawat terbang dan kapal-kapal untuk berpartisipasi dalam pencarian dan penyelamatan, dan akan memberikan bantuan lain sesuai dengan kebutuhan Indonesian," demikian dilansir Antara.

Seperti diketahui, pesawat AirAsia QZ 8501 hilang kontak sejak kemarin pagi. Hingga siang ini, pesawat itu belum juga ditemukan meski Basarnas dibantu TNI telah melakukan pencarian.

Pesawat dengan rute Surabaya-Singapura itu diketahui mengangkut 155 penumpang. Sebelumnya, Menteri Luar Negeri (Menlu) Retno Lestari Priansari Marsudi mengaku telah memberikan izin kepada empat negara asing yang ingin membantu pencarian pesawat AirAsia QZ 8501 yang hilang kontak sejak kemarin. Empat negara tersebut yakni; Malaysia, Australia, Singapura dan Korea Selatan. [dan]

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini